KERJASAMA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ORANG TUA DALAM MEMBINA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 LUWU TIMUR

SAPUTRA, IRWAN (2023) KERJASAMA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ORANG TUA DALAM MEMBINA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 7 LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of IRWAN SAPUTRA.pdf] Text
IRWAN SAPUTRA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Irwan Saputra, 2023.“Kerjasama guru pendidikan agama Islam dan orang tua
dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an siswa
kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Luwu Timur”.Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh:
Bulu dan Muh. Agil Amin.
Skripsi ini membahas tentang kerjasma guru pendidikan agama Islam dan
orang tua dalam membina kemampuan membaca al-Qur‟an siswa kelas XI IPS 3
di SMA Negeri 7 Luwu Timur .Penelitian ini bertujuan: 1) gambaran kemampuan
membaca al-Qur‟an siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 7 Luwu Timur. 2) untuk
mengetahui bentuk kerjasama guru Pendidikan Agama Islam dan orang tua dalam
membina kemampuan membaca al-Qur‟an siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 7
Luwu Timur. 3) untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat
guru pendidikan agama Islam dan orang tua dalam membina kemampuan
membaca al-Qur‟an siswa kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 7 Luwu Timur.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan pedagogik, dengan jenis
penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data
menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran kemampuan membaca al-Qur‟an
siswa kelas XI IPS 3 yaitu masih ada beberapa siswa yang tidak tau dan belum
lancar membaca al-Qur‟an sesuai kaidah tajwid. 2) Bentuk kerjasama guru
pendidikan agama Islam dan orang tua yaitu Komunikasi guru dan orang tua,
bimbingan langsung, kartu kontrol baca al-Qur‟an. 3) Faktor pendukung dan
penghambat guru pendidikan agama Islam dan oang tua yaitu faktor
pendukungnya, keterlibatan guru dan orang tua dalam memberikan didikan
kepada siswa Sedangkan faktor penghambatnya, tidak semua orang tua mampu
melakukan komunikasi dengan guru, baik secara langsung maupun tidak
langsung.
Kata Kunci: Kerjasama guru PAI dan orang tua, kemampuan membaca al�Qur‟a

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Jul 2023 00:04
Last Modified: 27 Jul 2023 00:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7004

Actions (login required)

View Item View Item