PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERAGA KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK MANDIRI BABUL FALAH DESA PANDAK KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA PROVINSI SULAWESI SELATAN

AZIZAH, CITRA (2023) PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERAGA KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK MANDIRI BABUL FALAH DESA PANDAK KECAMATAN MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA PROVINSI SULAWESI SELATAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of CITRA AZIZAH.pdf] Text
CITRA AZIZAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Citra Azizah, 2023.“ Perkembangan Kemampuan Kognitif Anak
Melalui Alat Peraga Kartu Angka Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Tk
Mandiri Babul Falah Dusun Salulane Desa Pandak Kecamatan
Masamba Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulsel 2023. Skripsi Program
Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurdin
K dan Eka Poppi Hutami.
Skripsi ini membahas tentang perkembangan kemampuan kognitif anak
melalui alat peraga kartu angka di TK Mandiri Babul Falah Desa Pandak
Kecamatan masamba. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kognitif
anak khususnya dalam berhitung menggunakan media kartu angka di TK
Mandiri Masamba Desa Pandak Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan 2
siklus yaitu siklus I terdiri dari 4 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 4
pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B TK Mandiri Babul
Falah Desa Pandak Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara tahun
2022/2023 yang berjumlah 14 orang. Metode pemecahan masalah digunakan
yaitu menerapkan proses belajar mengajar mengunakan media kartu angka untuk
meningkatan kemampuan kognitif dalam berhitung yang diperoleh dari hasil
wawancara, observasi dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian ini dengan skor
hasil penelitian yang menunjukkan hasil belajar anak.
Skor pada kondisi awal atau pra tindakan sebesar 26% dari semua indikator
dan belum memenuhi kategori baik. Siklus I dengan rata-rata skor observasi
sebesar 45% dari semua jumlah indikator dan belum memenuhi kategori baik.
Siklus II dengan rata-rata skor 88% secara keseluruhan dari semua jumlah
indikator dan mencapai kategori baik. Dengan demikian, penelitian tindakan
kelas (PTK) ini berhasil karena disetiap siklus mengalami peningkatan.
Kata kunci: perkembangan kemampuan kognitif dan media kartu angka

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:36
Last Modified: 31 Jul 2023 07:24
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7016

Actions (login required)

View Item View Item