STUDI KOMPARATIF FASILITAS DAN KUALITAS LAYANAN M-BANKING BSI DAN BRI TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI KOTA PALOPO

RAUF, SRIAINI (2023) STUDI KOMPARATIF FASILITAS DAN KUALITAS LAYANAN M-BANKING BSI DAN BRI TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SRIAINI RAUF.pdf] Text
SRIAINI RAUF.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Sriaini Rauf, 2023. “Studi Komparatif Fasilitas dan Kualitas Layanan M�banking BSI dan BRI Terhadap Kepuasan Nasabah di Kota
Palopo”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Dr. Muh. Rasbi, S.E., M.M.
Skripsi ini membahas tentang Studi Komparatif Fasilitas dan Kualitas Layanan
M-banking BSI dan BRI Terhadap Kepuasan Nasabah di Kota Palopo.
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui perbandingan fasilitas dan kualitas
layanan m-banking BSI dan BRI;Untuk mengetahui persepsi nasabah Bank BSI
dan BRI di Kota Palopo terhadap fasilitas dan kualitas layanan m-banking BSI
dan BRI. Jenis pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu,
wawancara,dokumentasi dan penelitian pustaka. Kemudian Teknik analisis data
yang digunakan yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah Pada kedua layanan aplikasi BSI
mobile dan Brimo setelah dilakukan perbandingan ada perbedaan fasilitas dan
kualitas layanan yang disediakan pada kedua bank tersebut. Pada m-banking
yang disediakan oleh Bank BSI memiliki fitur-fitur yang menarik dan mudah untuk
dipahami terlebih lagi ada fitur islami yang membuat BSI mobile semakin menarik
jika dibandingkan dengan Brimo. Dan pada fasilitas tarif layanan BSI mobile lebih
murah dibandingkan dengan Brimo. Sedangkan pada fasilitas keamanan BSI
mobile dan Brimo keduanya sama-sama memiliki keamanan yang cukup aman.
Perbedaannya terletak pada menu keamanannya, Lalu pada kualitas layanannya
pada aplikasi m-banking yang disediakan oleh Bank BSI dan BRI keduanya
mempunyai perbedaan. Nasabah merasa bahwa fasilitas m-banking yang
disediakan oleh Bank BSI dan BRI dirasa sudah sinkron oleh apa yang dibutuhan
nasabah. Walaupun ada sedikit kendala dalam pemakaiannya atau bahkan pada
fitur-fiturnya tetapi nasabah merasa puas pada kedua layanan tersebut , dan
akan selalu memakai layanan tersebut untuk transaksi dengan alasan menurut
mereka layanan tersebut mudah untuk digunakan, menghemat waktu serta yang
paling utama ialah memudahkan dalam melakukan transaksi dimana pun dan kapan
pun.
Kata Kunci: Fasilitas, Kualitas Layanan, M-banking

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:31
Last Modified: 31 Jul 2023 03:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7017

Actions (login required)

View Item View Item