STUDI TENTANG KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MAWASIR PADANG KALUA KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU

Muh. Mu’adz, Muh. Mu’adz (2026) STUDI TENTANG KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MAWASIR PADANG KALUA KECAMATAN LAMASI KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUH. MU'ADZ.pdf] Text
MUH. MU'ADZ.pdf

Download (934kB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : Muh. Mu’adz
Nim : 11.16.2.0060
Konsentrasi : Pendidikan Agama Islam
Jududl : Studi Tentang Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di
Madrasah Ibtidaiyah Al-Mawasir Padang Kalua Kec. Lamasi
Kab. Luwu
Permasalahan pokok penelitian ini adalah kemampuan membaca al-Quran
siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Mawasir Padang Kalua Kecamatan Lamasi Kabupaten
Luwu. Adapun sub pokok masalahnya adalah bagaimana kemampuan membaca al- Quran siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Mawasir Padang Kalua? Serta apa upaya
yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkatkan kemampuan membaca al- Qur’an siswa di Madrasah Ibtidaiyah al-Mawasir Padang Kalua? Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an siswa di Madrasah
Ibtidaiyah Al-Mawasir Padang Kalua dan mengetahi apa upaya yang dilakukan oleh
pihak sekolah dalam meningkatkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di
Madrasah Ibtidaiyah al-Mawasir Padang Kalua.
Jenis penelitian berupa kuantitatif yaitu sarat dengan angka-angka. Sumber
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu sumber data yang
dapat memberikan data penelitian secra langsung di lapangan terkait dengan
kemampuan siswa MI Al-Mawasir Padang Kalua dalam membaca al-Quran, dan data
sekunder melaui studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan tes mengaji. Adapun pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan psikologis dan paedagogis. Data yang terkumpul diolah dengan
mengidentifikasi variable, pengembangan instrument penelitian dan pengukuran,
serta melalui uji coba instrumen penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan membaca al-Quran
siswa MI Al-Mawasir Padang Kalua sebesar 77,976 dengan kategori “tinggi”. Hal ini
menunjukkan bahwa pada dasarnya kemampuan membaca al-Quran tersebut cukup
baik. Demikian pula pelaksanaan penerapan untuk menumbuhkan minat membaca al- Quran siswa, guru dan Kepala Madrasah menggunakan strategi pembiasaan.
Pembiasaan yang dilakukan bertujuan untuk membentuk karakter gemar baca dan
cinta al-Quran.
Implikasi dari penelitian ini, penulis memberikan beberapa saran yaitu: 1)
kepada siswa hendaknya selalu meningkatkan membaca al-Quran, untuk itu harus
rajin belajar dan teratur setiap hari. 2) Kepada para guru dan kepala madrasah
ibtidaiyah al-mawasir padang kalua agar terus menjaga tradisi baca al-Quran di
lembaga tersebut sebagai salah satu keunggulan dan permata madrasah. 3) Kepada
para peneliti agar kiranya dapat melakukan penelitian serupa dikarenakan penelitian
ini masih jauh dari sempurna.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Aug 2023 02:54
Last Modified: 02 Aug 2023 02:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7042

Actions (login required)

View Item View Item