PENERAPAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI PESERTA DIDIK DI KELOMPOK B TK MUHMAMMADIYAH SAGA KABUPATEN LUWU

UMAR, NURUL MUHLISA (2023) PENERAPAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI PESERTA DIDIK DI KELOMPOK B TK MUHMAMMADIYAH SAGA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURUL MUHLISA UMAR.pdf] Text
NURUL MUHLISA UMAR.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Muhlisa Umar, 2023. “Penerapan Finger Painting untuk Meningkatkan
Kreativitas Seni Peserta Didik di Kelompok B TK Muhammadiyah Saga
Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia
Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Iislam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Nur Rahmah dan Pertiwi Kamariah Hasis.
Skripsi ini membahas tentang kemampuan kreativitas seni peserta didik
TK Muhammadiyah Saga. Sub masalah yaitu bagaimana penerapan Finger
Painting dan peningkatan kreativitas seni peserta didik di TK Muhammadiyah
Saga. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan Finger Painting untuk
meningkatkan kreativitas seni peserta didik dan untuk mengetahui peningkatan
kreativitas seni peserta didik kelompok B di TK Muhammadiyah Saga melalui
penerapan Finger Painting.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, yang setiap siklusnya terdiri
dari 3 kali pertemuan. Desain penelitiannya menggunakan model Kurt Lewin,
dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok B TK Muhammadiyah
Saga pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 15 orang anak
didik, yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Metode pemecahan
masalah yang digunakan yaitu dengan menerapkan kegiatan Finger Painting
untuk meningkatkan kreativitas seni peserta didik. Adapun cara penerapan yaitu:
(1) menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan seperti cat warna,
wadah/piring dan kertas HVS; (2) menjelaskan aturan main; (3) melakukan
beberapa strategi agar anak mampu melakukan kegiatan Finger Painting seperti
mendemonstrasikan cara melukis dengan jari, dan memperlihatkan contoh
lukisan/gambar untuk ditiru peserta didik; (4) melakukan pengamatan di
lingkungan sekitar atau halaman sekolah untuk merangsang imajinasi anak agar
mampu melukis berdasarkan gagasannya; (5) memberikan bantuan kepada anak
didik yang kesulitan menyelesaikan tugasnya. Berdasarkan penerapan tersebut,
kreativitas seni peserta didik mengalami peningkatan. Proses pengumpulan data
menggunakan interview (wawancara), observasi (pengamatan) dan dokumentasi.
Keberhasilan penelitian ini ditentukan dengan skor hasil penelitian yang
menunjukkan peningkatan hasil belajar anak. Skor rata-rata pada kondisi awal
atau pra tindakan sebesar 20% dari semua indikator dan belum memenui kategori
baik. Siklus I dengan rata-rata skor observasi sebesar 67% dari semua jumlah
indikator dan belum memenuhi kategori baik. Siklus II dengan rata-rata skor
sebesar 87% secara keseluruhan dari semua jumlah indikator dan mencapai
kategori baik. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dapat membuktikan
bahwa penerapan finger painting mencapai keberhasilan dalam meningkatkan
kreativitas seni peserta didik kelompok B di TK Muhammadiyah Saga Kabupaten
Luwu.
Kata Kunci: Finger Painting dan Kreativitas Seni

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Aug 2023 06:23
Last Modified: 03 Aug 2023 06:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7045

Actions (login required)

View Item View Item