DIGITAL MARKETING: STRATEGI JITU BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA PALOPO

UTOMO, SATRIO BUDI (2022) DIGITAL MARKETING: STRATEGI JITU BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI  SATRIO BUDI UTOMO.pdf] Text
SKRIPSI SATRIO BUDI UTOMO.pdf

Download (7MB)

Abstract

Abstrak
Satrio Budi Utomo, 2022: “Digital Marketing: Strategi Jitu Bagi Usaha Mikro,
Kecil dan Menengah di Kota Palopo. Skripsi Program
Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam, Istitut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Dr. Fasiha M.EI.
Tren pemasaran di dunia kini beralih dari yang semula konvensional
(offline) menjadi digital (online). Tren pemasaran digital memudahkan pebisnis
memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon konsumen,
menjangkau seluruh masyarakat di manapun mereka berada tanpa ada batasan
geografis ataupun waktu. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital
(digital marketing) menjadi strategi jitu bagi UMKM untuk berkembang dan
menjadi pusat kekuatan ekonomi. Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan
UMKM Kota Palopo jumlah UMKM terus mengalami peningkatan dan ini
menandakan geliat perekonomian Kota Palopo ke arah yang lebih positif. Sehingga
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kontribusi digital marketing
terhadap pendapatan UMKM Kota Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan jenis digital marketing yang paling banyak digunakan di Kota Palopo
adalah media sosial dan aplikasi media sosial paling populer digunakan pelaku
usaha serta konsumen di Kota Palopo yaitu Instagram dan Facebook, yang tentu
juga dianggap sebagai media paling efektif utamanya dalam memperkenalkan
produk-produk UMKM. Selain itu, pemanfaatan digital marketing di Kota Palopo
secara tidak langsung akan berimbas pada pendapatan. Khususnya di Kota Palopo
digital marketing membawa dampak ke pendapatan dikisaran angka 60-80% dan
ini dinilai cukup besar bagi pelaku UMKM.
Kata kunci : Digital Marketing, UMKM, Pendapatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 338.93-338. Perkembangan Ekonomi di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 03 Aug 2023 07:01
Last Modified: 03 Aug 2023 07:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7047

Actions (login required)

View Item View Item