STRATEGI GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 266 BANTILANG

MUH. YUSRIL, MUH. YUSRIL (2023) STRATEGI GURU AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 266 BANTILANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUH. YUSRIL.pdf] Text
MUH. YUSRIL.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muh.Yusril, 2023, “Strategi Guru Agama Islam dalam Meningkatkan Minat
Belajar Peserta Didik pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di
Sekolah Dasar Negeri 266 Bantilang” Skripsi, Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Pembimbing (I) Dr. H. Hisban Thaha, M.Ag., (II) Muh.
Agil Amin, S.Pd.I., M.Pd.
Penelitian ini membahas tentang Strategi Guru Agama Islam dalam
Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Bidang Studi Pendidikan Agama
Islam di Sekolah Dasar Negeri 266 Bantilang. Penelitian ini bertujuan untuk
menjelaskan: 1) Apa penyebab peserta didik kurang berminat terhadap bidang
studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 266 Bantilang, 2)
Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat
belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
Negeri 266 Bantilang, 3) Apa saja kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada bidang studi
Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 266 Bantilang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang menggambarkan fakta di
lapangan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara
(Kepala Madrasah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Peserta didik) dan
dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan melalui reduksi data penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penyebab peserta didik kurang
berminat terhadap bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri
266 Bantilang yaitu kesulitan dalam menghafal, kesulitan dalam menulis tulisan
Arab, dan jadwal yang terlalu siang. 2) Strategi guru Pendidikan Agama Islam
dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 266
Bantilang yaitu metode pengajaran yang bervariasi, penggunaan media
pembelajaran, pemberian motivasi dalam belajar, menyediakan banyak kegiatan
diluar sekolah, melakukan kegiatan BTQ, dan memindahkan jadwal bidang studi
pendidikan agama Islam. 3) Kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan minat belajar peserta didik di Sekolah Dasar Negeri
266 Bantilang yaitu fasilitas yang kurang memadai, kesulitan peserta didik dalam
menghapalkan ayat-ayat al-Quran yang panjang dan juga kesulitan dalam menulis
tulisan Arab. Adapula yang masih terkendala dengan bacaan mengaji yang kurang
fasih sehingga mebutuhkan bimbingan lebih dari guru bidang studi agama Islam.
Kata kunci: Strategi guru, Minat belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 14 Aug 2023 00:52
Last Modified: 14 Aug 2023 00:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7068

Actions (login required)

View Item View Item