PENGEMBANGAN MEDIA KARIKATUR HEWAN DAN TUMBUHAN PADA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN KELAS IV SDN 114 PINCARA

MEGAWATI, MEGAWATI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA KARIKATUR HEWAN DAN TUMBUHAN PADA TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN KELAS IV SDN 114 PINCARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MEGAWATI.pdf] Text
MEGAWATI.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Megawati, 2022, “Pengembangan Media Karikatur Hewan dan Tumbuhan pada
Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Terintegrasi Ayat-Ayat Al�Qur’an Kelas IV SDN 114 Pincara”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (I) Mardi
Takwim dan (II) Firman.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan penggunaan
media karikatur hewan dan tumbuhan pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup
terintegrasi ayat-ayat al-Qur’an kelas IV SDN 114 Pincara, untuk mengetahui
bentuk rancangan media karikatur hewan dan tumbuhan pada tema 3 peduli
terhadap makhluk hidup terintegrasi ayat-ayat al-Qur’an kelas IV SDN 114
Pincara, dan menguji tingkat validitas penggunaan media karikatur hewan dan
tumbuhan pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup terintegrasi ayat-ayat al�Qur’an kelas IV SDN 114 Pincara.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dalam
mengembangkan produk peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE
yang terdiri dari lima tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation,
and Evaluation. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap
Development. Penelitian ini dilakukan dikelas IV SDN 114 Pincara dengan
menggunakan beberapa instrumen seperti; wawancara guru, angket siswa,
kemudian dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil observasi pada siswa
kelas IV SDN 114 Pincara dibutuhkan media pembelajaran sebagai alat bantu
dalam proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Adapun hasil
wawancara guru bahwa dalam proses pembelajaran guru jarang menggunakan
media dan hanya menggunakan buku paket serta metode ceramah sehingga
kurang ketertarikan siswa untuk belajar. Hasil dari angket siswa yaitu, siswa lebih
menyukai media yang bergambar, berwarna dan tidak membosankan.
Hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 90% dengan
kategori sangat valid, adapun hasil validasi dari ahli desain media pembelajaran
memperoleh persentase 82,5% dengan kategori sangat valid, sedangkan hasil
validasi oleh guru wali kelas IV memperoleh persentase 95% dengan kategori
sangat valid. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Media karikatur
Hewan dan Tumbuhan pada Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Terintegrasi
Ayat-Ayat Al-Qur’an pada tingkat SD/MI yang dikembangkan peneliti memenuhi
kriteria kevalidan dengan kategori sangat valid.
Kata Kunci : Media Karikatur, Peduli Makhluk Hidup, Ayat-Ayat Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:10
Last Modified: 15 Aug 2023 07:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7086

Actions (login required)

View Item View Item