EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PASCA PANDEMI DI SDN 31 SALOTELLUE KOTA PALOPO

NASIKA, NASIKA (2023) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PASCA PANDEMI DI SDN 31 SALOTELLUE KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of PROPOSAL NASIKA fix (7) (Repaired) fix banget.pdf] Text
PROPOSAL NASIKA fix (7) (Repaired) fix banget.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK
Nasika, 2022 :Efektifitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pasca Pandemi di
SDN 31 Salotellue Kota Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo, Pembimbing (I)Baderiah dan Pembimbing (II)Hisbullah.
Pandemi Covid-19 telah membawa perubahan besar di semua bidang
kehidupan, dan pendidikan menjadi salah satu yang paling terdampak.
Berdasarkan analisis situasi pembelajaran sekolah dasar di Indonesia, melalui
Surat Keputusan Bersama No. 03 Tahun 2020, pemerintah telah
mempertimbangkan untuk memperkenalkan kelas tatap muka di berbagai bidang
yang telah lulus tingkat PPKM di zona hijau dan kuning. Tujuan penelitian ini
yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran yang meliputi perencanaan,
pelaksanaan, evaluasi dan untuk mengetahui faktor (pendukung dan penghambat)
dalam pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) pasca pandemi di
SDN 31 Salotellue Kota Palopo.
Metode penelitian yaitu kualitatif adalah teknik penelitian yang
menghasilkan data deskriptif dalam bentuk tertulis atau lisan dari orang-orang
atau perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian yaitu tahap perencanaan yaitu
guru akan dibimbing melalui pelatihan dan diskusi dalam pokja guru untuk
membuat RPP yang disesuaikan dengan situasi saat ini agar dapat membuat RPP
yang layak digunakan pada pasca pandemi Covid-19, tahap pelaksanaan yaitu
dengan cara mendengar kegiatan anak pada saat pandemi dan mendorong ekspresi
dan eksplorasi pengalaman anak selama pandemi Covid-19 dan tahap evaluasi
yaitu penilaian sikap dan penilaian materi, melaksanakan ulangan harian,
penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (lulus). Sedangkan
faktor pendukung yaitu sanitasi kebersihan dan dukungan orang tua siswa
sedangkan faktor penghambat yaitu pemanfaatan teknologi dan sarana prasarana
yang kurang mendukung.
Hasil Penelitian pada tahap perencanaan tercermin dari berkurangnya
waktu belajar karena konsentrasi materi. Oleh karena itu, guru harus dibimbing
untuk membuat RPP disesuaikan dengan situasi saat ini melalui pelatihan dan
diskusi dalam kelompok kerja guru untuk membuat RPP yang cocok digunakan
selama pandemi Covid-19, tahap pelaksanaan dalam kelas guru selalu mendorong
peserta didik dengan cerita yang mencakup motivasi, ketahanan, dan sifat-sifat
positif. menerapkan metode darmawisata dengan artian memanfaatkan lingkungan
disekitar sekolah, tahap Evaluasi nilai yang diperoleh peserta didik sudah lebih
baik dibandingkan pada saat pembelajaran jarak jauh (daring) hal ini dikarenakan
peserta didik lebih antusias untuk mengikuti pembelajaran dalam kelas.
Kata kunci: pembelajaran tatap muka terbatas; persiapan; pelaksanaan;
evaluasi; faktor pendukung; faktor penghambat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:58
Last Modified: 16 Aug 2023 01:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7099

Actions (login required)

View Item View Item