UPAYA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SD NEGERI 8 SALOBULO KOTA PALOPO

JAYANGTI, JAYANGTI (2022) UPAYA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SD NEGERI 8 SALOBULO KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of JAYANGTI SKRIPSI FIX.pdf] Text
JAYANGTI SKRIPSI FIX.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Jayangti, 2022 : Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Melalui Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together
(NHT) Di Kelas IV SD Negeri 08 Salobulo Kota Palopo. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo, Pembimbing (I) Baderiah dan Pembimbing (II) Firman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanaUpaya
Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Di Kelas
IV SD Negeri 08 Salobulo Kota Palopo, metode yang digunakan adalah
PTK. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ini dilakukan dengan dua
Siklus yakni Siklus I dan Siklus II, Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD
Negeri 8 Salobulo Kota Palopo dengan Insturmen penelitian menggunakan
observasi, lembar angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Melalui Penerapan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Di
Kelas IV SD Negeri 08 Salobulo Kota Palopo.Hasil penelitian ini
berdasarkan hasil analisis data dan pengamatan yang dilakukan selama
tindakan uji kompetensi sebelum menerapkan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) hasil kejenuhan belajar
siswa yang tinggi ada 10 siswa (43,48%), sedang 9 siswa (39.13%) dan
rendah hanya 4 siswa (17,39%). Siklus I hasil kejenuhan belajar ada 5 siswa
(21.74%) yang masih tinggi, sedang 14 siswa (60,87%) dan rendah masih
tetap 4 siswa (17.39%). sedangkan hasil kejenuhan belajar siswa yang tinggi
tidak ada 0 siswa (0,00%), sedang 8 siswa (34,78%) dan rendah 15 siswa
(65,22%).yang dapat kita simpulkan bahwa kejenuhan belajar pada siswa
mengalami penurunan yang cukup pesat serta menjawab masalah pada
rumusan masalah di penelitian ini yaitu teratasinya kejenuhan belajar pada
siswa kelas IV SD Negeri 8 Salobulo Kota Palopo.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, NHT, Kejenuhan Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:07
Last Modified: 21 Aug 2023 01:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7105

Actions (login required)

View Item View Item