PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XIIPA 3 SMAN 4 KOTA PALOPO

SURYANI, LILIS (2019) PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XIIPA 3 SMAN 4 KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI LILIS.PDF] Text
SKRIPSI LILIS.PDF

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Lilis Suryani, 2019. Pemberian Reward dalam Meningkatkan Prestasi Belajar
Matematika Siswa Kelas XI IPA 3 SMAN 4 Kota Palopo. Skripsi
Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing
Oleh Dr. Hj. St. Marwiyah, M.Ag. dan Nur Rahmah, S.Pd.I., M.Pd.
Kata Kunci: Pemberian Reward, Prestasi Belajar.
Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana prestasi belajar
matematika siswa kelas XI IPA 3 SMAN 4 Kota Palopo sebelum diberikan reward?
(2) Bagaimana pengelolaaan pembelajaran dengan pemberian reward kepada siswa
kelas XI IPA 3 SMAN 4 Kota Palopo? (3) Bagaimana prestasi belajar matematika
siswa kelas XI IPA 3 SMAN 4 Kota Palopo setelah diberikan reward?
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3
SMAN 4 Palopo yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif
dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa tes, observasi
dan dokumentasi. Data tes dianalisis secara kuantitatif, serta data observasi dan
dokumentasi dianalisis secara kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I sebesar 59,39 atau 4,35% siswa
yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum dengan persentase aktivitas guru
sebesar 75% dan persentase aktivitas siswa sebesar 55,15%. Sedangkan pada siklus II
diperoleh skor rata-rata sebesar 84,82 atau 100% siswa yang memenuhi kriteria
ketuntasan minimum dengan persentase aktivitas guru sebesar 87,5% dan aktivitas
siswa sebesar 60,4%. Jika dibandingkan dengan indikator penelitian yaitu tes hasil
belajar setiap siklus, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas
guru, maka penelitian ini dianggap mampu engelola pembelajaran dengan baik
sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar para peserta didik.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan diberikannya reward
dapat meningkatkan hasil belajar serta prestasi belajar siswa kelas IX IPA 3 SMAN 4
Palopo. Dalam hal ini, disarankan untuk pembelajaran berikutnya agar menggunakan
teori belajar pemberian reward

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 23 Aug 2023 01:17
Last Modified: 23 Aug 2023 01:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7128

Actions (login required)

View Item View Item