PENGEMBANGAN LKPD AL-QUR’AN HADIS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS VIII MTs. Al-MUJAHIDIN NW MANTADULU KECAMATAN ANGKONA KABUPATEN LUWU TIMUR

ISNAINI. R, WAHYU (2023) PENGEMBANGAN LKPD AL-QUR’AN HADIS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS VIII MTs. Al-MUJAHIDIN NW MANTADULU KECAMATAN ANGKONA KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of WAHYU ISNAINI. R.pdf] Text
WAHYU ISNAINI. R.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Wahyu Isnaini R., 2023. Pengembangan LKPD Al-Qur’an Hadis Berbasis
Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Kelas VIII MTs al�Mujahidin Nahdlatul Wathan Mantadulu Kecamatan angkona Kabupaten
Luwu Timur. Tesis Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Pembimbing (I) Dr. Nurdin K.,
M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Hj. A. Riawarda, M.Ag.
Tesis ini membahas tentang pengembangan LKPD al-Qur‟an Hadis
Berbasis Contextual Teaching and learning (CTL) pada kelas VIII MTs al�Mujahidin Nahdlatul Wathan Mantadulu Kecamatan angkona Kabupaten Luwu
Timur, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mendesain LKPD al�Qur‟an Hadis berbasis CTL pada materi kuberbagi infak dan sedekah dan
bagaimana mengetahui tingkat kevalidan dan keefektifan LKPD al-Qur‟an Hadis
berbasis CTL pada materi kuberbagi infak dan sedekah. Jenis penelitian adalah
penelitian Research and development (R&d) dengan menggunakan model
pengembangan 4D yang kemudian dimodifikasi menjadi 3D yaitu pendefinisian
(define), perencanaan (design) and pengembangan (development). lembar kerja
peserta didik (LKPD) yang dikembangkan berbasis Contextual teaching and
learning (CTL). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket
validasi ahli media, angket validasi ahli materi dan angket respon peserta didik.
Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil
pengembangan ini menunjukkan bahwa hasil analisis angket LKPD validasi ahli
media sebesar 0,58 termasuk dalam kategori valid dan hasil analisis validitas
LKPD ahli materi sebesar 0,9 termasuk dalam kategori valid yang tinggi.
Berdasarkan hasil angket respon peserta didik diperoleh rata-rata persentase
sebesar 99,2 %, termasuk pada kategori yang sangat efektif. Dengan demikian
pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasi Contextual teaching
and Learning (CTL) materi kuberbagi infak dan sedekah pada kelas VIII
dinyatakan sangat valid dan memenuhi kriteria sangat efektif. Secara teoritis
penelitian ini berimplikasi pada para peneliti berikutnya untuk menelaah lebih
dalam dan luas lagi, dan untuk praktisi menjadi bahan untuk memperbaiki
kinerjanya, sehingga pembelajaran al-Qur‟an Hadis lebih efektif dan efesien.
Kata Kunci :LKPD, CTL, Materi al-Qur‟an Hadis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 24 Aug 2023 00:28
Last Modified: 24 Aug 2023 00:28
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7132

Actions (login required)

View Item View Item