PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BUDAYA LUWU PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 93 TOMBANG

APRIANTI, ERIKA (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BUDAYA LUWU PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN 93 TOMBANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Bismillah Skripsi Erika Aprianti  (1).pdf] Text
Bismillah Skripsi Erika Aprianti (1).pdf

Download (19MB)

Abstract

Abstrak
Erika Aprianti, 2022.“Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis
pendekatan etnomatematika budaya luwu di SDN 93
Tombang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
pembimbing (I) Bapak Nassarudin dan pembimbing (II) Ibu
Nilam Permatasari Munir.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan lembar kerja peserta didik
(LKPD) berbasis pendekatan etnomatematika budaya luwu di SDN 93 Tombbang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui yaitu; bagaimana prototype lembar kerja
peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan etnomatematika budaya luwu pada
peserta didik kelas IV di SDN 93 Tombang; bagaimana kevalidan hasil produk
lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan etnomatematika budaya
luwu pada peserta didik kelas IV di SDN 93 Tombang; bagaimana kepraktisan
lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan etnomatematika budaya
luwu pada peserta didik kelas IV di SDN 93 Tombang.
Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) atau biasa disebut
penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas
empat tahap yakni (1) tahap Analysis, (2) tahap Design, (3) tahap Devolpmen, (4)
tahap Implementasion, (5) tahap evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 93
Tombang, dan yang bertindak sebagai subjek pada penelitian yakni siswa kelas IV
SDN 93 Tombang yang berjumlah 14 orang siswa. Teknik analisis data
menggunakan rumus liker’s.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan bahan ajar berupa lembar kerja
peserta didik dengan pendekatan etnomatematika dikembangakan dengan tiga
tahapan, yaitu: (1) Analisis kebutuhan LKPD berbasis pendekatan etnomatematika
budaya luwu. (2) design (merancang produk lembar kerja peserta didik (LKPD). (3)
revisi hasil uji validasi. Setelah LKPD selesai dikembangkan maka hasil penelitian
menunjukan validitas oleh ahli bahasa 80% dengan kategori sangat valid, hasil
validitas oleh ahli materi 83% dengan kategori sangat valid, dan hasil validitas ahli
media 83% sangat valid. Sedangkan untuk hasil penelitian pada uji coba produk
untuk mengetahui tingkat kepraktisan memperoleh 84% (sangat praktis). Maka
dapat disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD)
berbasis pendekatan etnomatematika budaya luwu pada peserta didik kelas IV di
SDN 93 Tombang dapat dikatakan valid dan praktis untuk layak digunakan.
Kata kunci: Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis
Pendekatan Etnomatematika Budaya Luwu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 29 Aug 2023 01:15
Last Modified: 29 Aug 2023 01:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7146

Actions (login required)

View Item View Item