EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU TERCELA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH ASSALAM SALU INDUK KABUPATEN LUW

RAHMADANI, NUR (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PERILAKU TERCELA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH ASSALAM SALU INDUK KABUPATEN LUW. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NUR RAHMADANI.pdf] Text
NUR RAHMADANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Rahmadani, 2022. “Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak dalam
Mengatasi Perilaku Tercela Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah
Assalam Salu Induk Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurdin
Kaso dan Makmur. Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak dalam
Mengatasi Perilaku Tercela Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Assalam Salu
Induk Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gambaran
perilaku siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Assalam Salu Induk; (2) Mengetahui
efektivitas pembelajaran Akidah Akhlak dalam mengatasi perilaku tercela siswa
kelas XI di Madrasah Aliyah Assalam Salu Induk; (3) Mengetahui kendala dan
solusi pembelajaran Akidah Akhlak dalam mengatasi perilaku tercela siswa kelas
XI di Madrasah Aliyah Assalam Salu Induk. Jenis penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Data diperoleh
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis
melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa gambaran perilaku siswa kelas XI di Madrasah Aliyah
Assalam Salu Induk sudah cukup baik. Namun meski demikian, pembenahan
terhadap maraknya praktik perilaku tercela masih sangat diperlukan. Masih
maraknya praktik perilaku tercela yang dilakukan oleh siswa kelas XI di
Madrasah Aliyah Assalam Salu Induk menandakan bahwa efektivitas
pembelajaran Akidah Akhlak dalam mengatasi praktik perilaku tercela masih
kurang efektif. Adapun kendala yang dihadapi pembelajaran Akidah Akhlak
sehingga kurang efektif dalam hal ini ialah kedisiplinan siswa dan kurangnya
kerja sama serta dukungan dari pihak-pihak lain yang memiliki peran penting, seperti keluarga dan masyarakat. Adapun solusi untuk menghadapi kendala
tersebut ialah dengan meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya disiplin diri
dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, penting untuk sesegera mungkin
membangun kerja sama dengan keluarga dan masyarakat dengan menyampaikan
bahwa yang memegang peran penting dalam menciptakan siswa yang berperilaku
terpuji tidak hanya pihak sekolah, melainkan keluarga dan masyarakat merupakan
2 pihak yang termasuk di dalamnya. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran, Akidah Akhlak, Perilaku Tercel

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Sep 2023 23:54
Last Modified: 03 Sep 2023 23:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7172

Actions (login required)

View Item View Item