PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN PESETA DIDIK TERHADAP PENGARUH NEGATIF BUDAYA BARAT PADA SDN 1 SALUDONGKA KELAS VI KECAMATAN PAKUE UTARA KABUPATEN KOLAKA UTARA

FAJAR, FAJAR (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN PESETA DIDIK TERHADAP PENGARUH NEGATIF BUDAYA BARAT PADA SDN 1 SALUDONGKA KELAS VI KECAMATAN PAKUE UTARA KABUPATEN KOLAKA UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of FAJAR.pdf] Text
FAJAR.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
FAJAR, 2022, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Peserta
Didik Terhadap Pengaruh Negatif Budaya Barat Pada SDN 1
Saludongka Kelas VI Kecamatan Pakue Utara Kabupaten Kolaka
Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Muhaemin dan Muhammad Ihsan.
Skripsi ini membahas Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Pembinaan Peserta Didik Terhadap Pengaruh Negatif Budaya Barat Pada SDN 1
Saludongka Kelas VI Kecamatan Pakue Utara Kabupaten Kolaka Utara” .
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam
mengatasi pengaruh negatif budaya Barat terhadap peserta didik kelas VI di SDN 1
Saludongka, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja sehinggah peserta didik
kelas VI di SDN 1 Sakudongka terpengaruh budaya negatif Barat. 3) Untuk
mengetahui bagaimana strategi guru PAI terhadap pesta didik kelas VI di SDN 1
Saludongka sehinggah tidak terpengaruh budaya negatif Barat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengaruh negatif budaya Barat
terhadap peserta didik kelas VI di SDN 1 Saludongka, bahwa budaya negatif Barat
bagi peserta didik merupakan hal yang sudah menjadi prioritas utama bagi seorang
guru. Banyak perubahan-perubahan peradaban yang terjadi pada peserta didik
akibat dari budaya negatif Barat, diantaranya; model rambut, cara berpakaian,
perilaku, bahkan samapai pada cara bergaul sehari-hari. 2) Beberapa faktor-faktor
yang mempengaruhi peserta didik kelas VI di SDN 1 Saludongka terhadap budaya
negatif Barat, diantaranya; a) pendekatan kepada peserta didik masih kurang, b)
tingkat pembinaan pengajaran PAI masih rendah. Dalam hal ini penerapan
pendidikan Agama Islam (PAI) selalu difokuskan, mengarah kepada tujuan yang
ingin dicapai, kerena pendidikan Agama Islam bukan hanya menyangkut masalah
transformasi ajaran dan nilai kepada pihak lain, melainka sampai pada
transinternalisasi nilai ajaran Islam. 3) Strategi pembinaan guru PAI terhadap
peserta didik kelas VI di SDN 1 Saludongka agar tidak terpengaruh budaya negetif
Barat, yaitu; sistem pengembangan pembinaan melalui pendekatan religius,
pendekatan filosofis, pendekatan sosial cultural, pendekatan sciantific dan
pendekatan yang efektif, metode pengajaran PAI yang objektif melalui pengajaran
melalui batas halal dan haram kepada peserta didik, mengarahkan peserta didik
kepada Agama yang haq, mengajarkan Agama kepada peserta didik dengan jalan
tidak menghina Agama lain.
Kata Kunci: Peran Guru PAI, Pengaruh Budaya Barat,

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 04 Sep 2023 00:02
Last Modified: 04 Sep 2023 00:02
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7173

Actions (login required)

View Item View Item