PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ANGKATAN 2018 IAIN PALOPO

AZHARI, NURUL HIKMAH (2022) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) ANGKATAN 2018 IAIN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURUL HIKMAH AZHARI.pdf] Text
NURUL HIKMAH AZHARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Hikmah Azhari, 2022. “Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber
Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Angkatan
2018 IAIN Palopo.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Dibimbing oleh: Dr. H. Hasbi, M.Ag, dan Hasriadi, S.Pd., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber
belajar mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) angkatan 2018
IAIN Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana
pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa program studi
Pendidikan Agama Islam (PAI) angkatan 2018 IAIN Palopo, 2) Untuk
mengetahui faktor penghambat pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar
mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) angkatan 2018 IAIN
Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara (Kepala
perpustakaan, staf perpustakaan dan mahasiswa PAI angkatan 2018) dan
dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu
triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan perpustakaan
sebagai sumber belajar mahasiswa program studi pendidikan agama Islam (PAI)
angkatan 2018 IAIN Palopo, meliputi: frekuensi kunjungan mahasiswa ke
perpustakaan yang masih rendah, moment kunjungan mahasiswa PAI angkatan
2018 ke perpustakaan ialah ketika mengerjakan tugas dan penyelesaian skripsi,
adapun referensi yang dibutuhkan mahasiswa PAI ialah hadits, kitab tafsir dan
buku-buku terkait pendidikan agama Islam. 2) Faktor penghambat pemanfaatan
perpustakaan sebagai sumber belajar mahasiswa pendidikan agama Islam (PAI)
angkatan 2018 IAIN Palopo, yaitu Faktor internal meliputi: kurangnya kesadaran
mahasiswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar dan kurangnya
motivasi mahasiswa untuk memanfaatkan perpustakaan, maka motivasi dari
berbagai pihak amat dibutuhkan terutama dari pihak dosen. Adapun faktor
eksternal meliputi: teknologi yang semakin canggih sehingga membuat
mahasiswa malas memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar, dan waktu
pelayanan diperpustakaan terkait waktu kunjungan yang terbatas, serta koleksi
buku yang kurang update.
Kata Kunci: Pemanfaatan, Perpustakaan, Sumber Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Sep 2023 02:08
Last Modified: 06 Sep 2023 02:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7196

Actions (login required)

View Item View Item