STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA MAKANAN SIAP SAJI BAKSO ABANG AHNAF DI KOTA PALOPO

IDRIS, MUHAMMAD (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA MAKANAN SIAP SAJI BAKSO ABANG AHNAF DI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUHAMMAD IDRIS.pdf] Text
MUHAMMAD IDRIS.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Idris,2022, “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing
Usaha Makanan Siap Saji Bakso Abang Ahnaf Di Kota
Palopo”. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Ilham
Skripsi ini mengkaji tentang Strategi Pemasaran Usaha Makanan Siap Saji
Bakso Abang Ahnaf Dalam Meningkatkan Daya Saing Di Kota Palopo”. Tujuan
penelitian ini adalah untuk,mengetahui Efektifitas Pemasaran yang digunakan
dalam meningkatkan Usaha Bakso Abang Ahnaf dan untuk mengetahui Strategi
Pemasaran Usaha Bakso Abang Ahnaf dalam meningkatkan Daya Saing.
.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian
deskriptif kualitatif, yaitu memberikan gambaran secara lebih rinci terhadap objek
penelitian yang bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer dari
penelitian ini berjumlah 2 subjek terdiri dari pemilik usaha dan konsumen dimana
teknik penelitiannya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan teknik
analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan pengambilan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Pemasaran Usaha Bakso
Abang Ahnaf yaitu Bauran Pemasaran. Kualitas produk yang terjaga dengan harga
yang yang relatif murah dari pesaing, lokasi strategis mendukung dalam
mempromosikan produk. Maka peneliti menyimpulkan bahwa Pemasaran yang
dilakukan Usaha Bakso Abang Ahnaf dalam menawarkan produknya cukup
efektif karena selalu mengalami peningkatan penjualan dari tahun ke tahun.
Dimana pada tahun 2020-2021 pendapatan Usaha Bakso Abang Ahnaf mengalami
peningkatan sebesar 26,3% dan pendapatan 2021-2022 pendapatan naik sebesar
49,8%
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pemasaran mix

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 25 Sep 2023 00:11
Last Modified: 25 Sep 2023 00:11
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7229

Actions (login required)

View Item View Item