MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PALOPO

Karbiana, Karbiana (2023) MANAJEMEN STRATEGI PROGRAM PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of KARBIANA.pdf] Text
KARBIANA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Karbiana, 2023. “Manajemen Strategi Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di
SMK Negeri 3 Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hasbi dan M. Arief
R.
Skripsi ini membahas tentang Manajemen Strategi Program Pendidikan Sistem
Ganda (PSG) di SMK Negeri 3 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana program Penididikan Sistem Ganda (PSG) di SMK Negeri 3 Palopo,
bagaimana perencanaan strategi program pendidikan sistem ganda di SMK Negeri 3
Palopo, bagaimana implementasi strategi program pendidikan sistem ganda di SMK
Negeri 3 Palopo dan bagaimana evaluasi strategi program pendidikan sistem ganda di
SMK Negeri 3 Palopo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Sumber data merupakan hasil wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala
sekolah bidang kurikulum dan kesiswaan serta sekertaris. Teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data
menggunakan teknik uji triangulasi. Teknik analisis data menggunakan kompilasi
data, pemilihan data,pengorganisasian data, penafsiran data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan; 1)Program pendidikan sistem ganda
(PSG) di SMK Negeri 3 Palopo berjalan dengan cukup baik, meskipun belum sesuai
dengan apa yang diinginkan; 2) perencanaan strategi di SMK Negeri 3 Palopo sudah
dilakukan dengan cukup baik sesuai dengan proses dalam merumuskan strategi
seperti pengembangan visi misi, mengidentifikasi faktor internal(kekuatan dan
kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan tantangan) dan menetapkan tujuan.
Sehingga dalam hal ini sekolah mampu menghasilkan suatu strategi sistematis yang
dapat diterapkan dalam pelaksanaan PSG, yaitu adanya Sistem Blok (pembagian
kelompok); 3) Implementasi strategi yang dilakukan belum cukup efektif karena
kurangnya kegiatan di atas kapal yang dilakukan peserta PSG, dikarenakan tidak
langsung melakukan praktik laut, hanya melakukan di atas kapal yang sandar di
lokasi pelaksanaan PSG. Sedangkan kapal tidak selalu ada hanya berapa kali saja.
Sehingga apa yang diharapkan tidak tercapai dengan baik; 4) kegiatan evaluasi
strategi yang dilakukan di SMK Negeri 3 Palopo dilakukan dengan baik karena dalam
hal telah menetapkan standar capaian, mengukur kinerja melalui faktor internal dan
eksternal, dan mengambil tindakan korektif terhadap strategi yang telah
diimplementasikan. Selain itu, tetap mengusahakan agar setiap tahunnya pelaksanaan
PSG dapat berjalan dengan lebih baik lagi, disamping tetap mengusahakan agar
mendapatkan izin melakukan praktik laut dari Dinas Pendidikan dan Kelautan.
Kata Kunci: manajemen strategi, pendidikan sistem ganda (PSG)

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:08
Last Modified: 25 Sep 2023 01:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7230

Actions (login required)

View Item View Item