EFEKTIVITAS PENDEKATAN ONTO-SEMIOTIC DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI UPT SMAN 3 PALOPO

NURHIKMAH, NURHIKMAH (2023) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ONTO-SEMIOTIC DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI UPT SMAN 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURHIKMAH.pdf] Text
NURHIKMAH.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhikmah, 2023. “Efektivitas Pendekatan Onto-semiotic dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI UPT SMAN 3 Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dwi Risky
Arifanti dan Nilam Permatasari Munir.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas pendekatan onto-semiotic dalam
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI UPT SMAN 3 Palopo.
Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui aktivitas siswa selama keterlaksanaan
pendekatan onto-semiotic, mengetahui hasil belajar matematika siswa sebelum dan
sesudah keterlaksanaan pendekatan onto-semiotic serta mengetahui apakah
pendekatan onto-semiotic efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika
siswa kelas XI UPT SMAN 3 Palopo.
Jenis penelitian ini adalah pre eksperiment design tipe one group pre-test
and post-test design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster
random sampling dengan jumlah sampel 30 orang siswa. Data yang diperoleh
melalui lembar observasi, lembar tes dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis
dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama
keterlaksanaan pendekatan onto-semiotic diperoleh nilai persentase yang dapat di
kategorikan “sangat aktif”. Selanjutnya hasil belajar matematika siswa kelas XI
UPT SMAN 3 Palopo sebelum keterlaksanaan Pendekatan onto-semiotic diperoleh
nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dapat diklasifikasikan dengan kategori
“kurang baik” sedangkan hasil belajar siswa setelah keterlaksanaan pendekatan
onto-semiotic diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dapat
diklasifikasikan dengak kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil uji hipotesis,
diperoleh nilai signifikasi 0,001 < 0,05 sehingga dinyatakan H1 diterima yang
berarti pendekatan onto-semiotic efektif dalam meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas XI UPT SMAN 3 Palopo, dimana nilai rata-rata hasil
belajar matematika siswa setelah keterlaksanaan pendekatan onto-semiotic lebih
tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum keterlaksanaan
pendekatan onto-semiotic.
Dengan simpulan ini, implikasi dari penelitian ini memberikan pandangan
tentang dampak positif dari keterlaksanaan pendekatan onto-semiotic terhadap hasil
belajar matematika siswa serta inovasi pendekatan pembelajaran guru dalam
pendidikan matematika.
Kata kunci: Pendekatan Onto-semiotic, hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:56
Last Modified: 25 Sep 2023 01:56
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7233

Actions (login required)

View Item View Item