IMPLEMENTASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ISLAM MAPPEDECENG

Munawwirah J, Munawwirah J (2023) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ISLAM MAPPEDECENG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUNAWWIRAH J.pdf] Text
MUNAWWIRAH J.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Munawwirah J, 2023. “Implementasi Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah
dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Nurul Islam Mappedeceng”.
Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Taqwa
dan Tasdin Tahrim.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Komunikasi Interpersonal Kepala
Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam
Mappedeceng. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui bentuk implementasi
komunikasi interpersonal kepala sekolah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam
Mappedeceng; Untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang berkontribusi
dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam
Mappedeceng.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Subjek penelitian ini terdiri dari
kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Instrumen penelitian ini
menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi/catatan lapangan, dan
format dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa: (1) Bentuk implementasi
komunikasi interpersonal kepala sekolah di MTs Nurul Islam Mappedeceng
meliputi: a) komunikasi verbal yang terdiri dari komunikasi interpersonal kepala
sekolah dalam menyampaikan informasi atau pesan kepada para guru, komunikasi
interpersonal kepala sekolah dalam memimpin pertemuan atau rapat dengan guru
dan orang tua peserta didik, serta komunikasi interpersonal kepala sekolah dalam
membimbing guru secara pribadi, dan b) komunikasi nonverbal, yang belum
terlaksana dengan cukup baik, hal ini terlihat dari kurangnya tindakan kepala
sekolah sebagai contoh kepada para guru sehingga beberapa guru masih belum
maksimal melaksanakan pengajaran sesuai dengan harapan sekolah; (2) Faktor
internal yang berkontribusi dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Nurul Islam
Mappedeceng meliputi kekuatan dan kelemahan yang bersumber dari dalam
lingkungan sekolah, sedangkan, faktor eksternal yang berkontribusi yaitu peluang
dan ancaman yang bersumber dari luar lingkungan sekolah MTs Nurul Islam
Mappedeceng.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Oct 2023 00:46
Last Modified: 02 Oct 2023 00:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7253

Actions (login required)

View Item View Item