UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO

ANENG, RIZKI AMALIA (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN ORANG TUA DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RIZKI AMALIA ANENG.pdf] Text
RIZKI AMALIA ANENG.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rizki Amalia. Aneng, 2023 “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Orang
tua Dalam Menangani Kenakalan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8
Palopo” Program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh (1)
Dra. Hj. Nursyamsi, M.Pd.I. dan (2) Dr. Makmur , S.Pd., M.Pd.I.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan
Orang Tua Dalam Menangani Kenakalan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo.
Penelitian ini bertujuan (1). Untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa
kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo. (2). Untuk Mengetahui faktor pendukung dan
penghambat guru pendidikan agama Islam dan orang tua dalam menangani
kenakalan siswa. (3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru pendidikan
agama Islam dan orang tua dalam menangani kenakalan siswa kelas VIII SMP
Negeri 8 Palopo.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian field research kualitatif dan
jenis pendekatan deskriftif kualitatif. Lokasi dan waktu penelitian dimulai pada
tanggal 29 juli sampai dengan 27 september 2022. Subjek penelitian yaitu: Guru
Pendidikan Agama Islam, Orang Tua Siswa dan Siswa kelas VIII SMP Negeri 8
Palopo. Intrument penelitian yaitu buku, pulpen, kamera atau handphone dan
pedoman wawancara. Adapun teknik pengumpulan data yaitu, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yaitu redukasi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: (1) Bentuk-bentuk kenakalan siswa kelas VIII SMPN 8 Palopo:
a)Terlambat datang kesekolah, b) Ribut didalam kelas, c)Menyontek, d) Tidak
mengerjakan tugas, e) Bolos Sekolah, f) Berkelahi antar teman, g) usil/jail, h)
Memalak teman-temannya. (2) Faktor pendukung dan penghambat guru PAI dan
orang tua dalam menangani kenakalan siswa kelas VIII SMPN 8 Palopo. a) Faktor
pendukung guru PAI dan orang tua dalam menangani kenakalan siswa kelas VIII
SMPN 8 Palopo. Guru dan orang tua saling bekerjasama, guru memiliki strategi
aturan tata tertib yang berlaku di sekolah, dan orang tua mampu membimbing
peserta didik/anaknya di rumah. b) Faktor penghambat guru PAI dan orang tua
yaitu: Guru dan orang tua tidak setiap saat mengawasi peserta didik, orang tua
kurang mengawasi peserta didik/anak dari kesibukannya, sulitnya orang tua
membagi waktu akibat sibuk bekerja, akibat adanya pergaulan dengan teman
teman sebaya yang kurang baik/buru, dan kurangnya komunikasi antar guru dan
orang tua. (3) Upaya guru PAI dan orang tua dalam menangani kenakalan siswa
kelas VIII SMPN 8 Palopo. Melakukan keagamaan, Melakukan pendekatan,
Memberikan sanski, Mengupayakan peserta didik berteman dengan teman yang
baik, dan mengawasi lingkungan peserta didik/anak.
Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Orang Tua, Kenakalan Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:07
Last Modified: 26 Oct 2023 03:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7270

Actions (login required)

View Item View Item