UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PALOPO

WAHYUNI, SRI (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SRI WAHYUNI.pdf] Text
SRI WAHYUNI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Sri Wahyuni, 2023, “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi
Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Peserta Didik kelas VIIG di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo”. Skripsi program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Ria Warda dan Muh. Agil
Amin.
Skripsi ini membahas tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam
dalam mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Palopo. Adapun tujuan penelitian yakni untuk mengetahui
upaya guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al
Qur’an pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo dan untuk
mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru pendidikan agama
Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Lokasi dan waktu penelitian yaitu di Madrasah Tsanawiyah Negeri
Palopo, dimulai pada tanggal 21 juli sampai dengan 21 agustus 2022. Subjek
penelitian yaitu Guru PAI dan Siswa, instrumen penelitian yaitu alat tulis, buku
catatan dan handphone. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Upaya yang dilakukan guru
Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada
peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo adalah a). Memberikan
tugas (PR), b). Memberikan motivasi kepada peserta didik, c). Menyuruh peserta
didik yang sudah lancar mengajari temannya yang belum lancar, d). Menambah
jam diluar jam pelajaran di sekolah, e). Pemanfaatan sumber belajar. 2). faktor
pendukung dan penghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi
kesulitan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri
Palopo yaitu: a). faktor pendukung adalah siswa memiliki antusias yang tinggi
untuk tetap belajar membaca Al-Qur’an, b). faktor penghambat adalah kurangnya
perhatian orang tua membimbing anak kemampuan peserta didik dan yang
beragam, dan alokasi waktu.
Kata kunci: Guru PAI, Membaca Al-Qur’an, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:18
Last Modified: 26 Oct 2023 03:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7272

Actions (login required)

View Item View Item