HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VI DI UPT SD NEGERI 132 CENDANA PUTIH II KABUPATEN LUWU UTARA

Lestari, Widia Dwi (2023) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VI DI UPT SD NEGERI 132 CENDANA PUTIH II KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI WIDIA DWI LESTARI bebas pustaka.pdf] Text
SKRIPSI WIDIA DWI LESTARI bebas pustaka.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Widia Dwi Lestari, 2023.“Hubungan Interaksi Sosial Anak Dalam Pembelajaran
Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VI UPT
SD Negeri 132 Cendana Putih II Kabupaten Luwu Utara “.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh, Dr. Edhy Rustan, M.Pd. dan
Arifuddin, S.Pd.I, M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Hubungan Interaksi Sosial Anak Dalam
Pembelajaran Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VI UPT SD
Negeri 132 Cendana Putih II Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan;
untuk mendeskripsikan interaksi sosial anak dalam pembelajaran; untuk
mendeskripsikan keterampilan berbicara pada siswa; untuk mengetahui hubungan
interaksi sosial anak dalam pembelajaran terhadap keterampilan berbicara pada
siswa kelas VI UPT SD Negeri 132 Cendana Putih II Kabupaten Luwu Utara.
Jenis penelitian ini adalah ex-post facto fokus pada pengungkapan hubungan
kausal antara variabel. Populasinya adalah seluru siswa di kelas VI UPT SD
Negeri 132 Cendana Putih II Kabupaten Luwu Utara dengan jumlah 37 siswa.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling atau
random probability sampling. Data diperolah melalui penyebaran angket, tes, dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa terdapat hubungan
positif interaksi sosial anak dalam pembelajaran terhadap keterampilan berbicara
pada siswa kelas VI UPT SD Negeri 132 Cendana Putih II Kabupaten Luwu Utara
sebesar 15,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat
dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata kunci : Interaksi Sosial Anak Dalam Pembelajaran, Keterampilan Berbicara
Pada.Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:51
Last Modified: 26 Oct 2023 03:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7273

Actions (login required)

View Item View Item