PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MEDIA SMART APPS CREATOR PADA MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS XI SMA NEGERI 7 LUWU TIMUR

ASRIANI, ASRIANI (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS MEDIA SMART APPS CREATOR PADA MATERI HORMAT DAN PATUH KEPADA ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI KELAS XI SMA NEGERI 7 LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsii Asriani ACC.2023.pdf] Text
Skripsii Asriani ACC.2023.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Asriani, 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Smart Apps
Creator pada Materi Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dalam
Pembelajaran PAI di kelas XI SMA Negeri 7 Luwu Timur ”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (1) Bapak
Prof. Dr. H. Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd. dan Pembimbing (2) Bapak
M. Zuljalal Al Hamdany, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan Ajar Interaktif
Berbasis Media Smart Apps Creator pada Materi Hormat dan Patuh Kepada
Orang Tua dalam Pembelajaran PAI di kelas XI SMA Negeri 7 Luwu Timur, dan
untuk mengetahui keefektifan, validitas, kepraktisan dan praktikalitas media
Smart Apps Creator dalam pembelajaran PAI di kelas XI SMA Negeri 7 Luwu
Timur.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and
Development) dengan menggunakan model Rowntree dengan tiga tahapan
pengembangan yaitu perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Subjek dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 PI. Data pada penelitian ini
diperoleh dari hasil wawancara analisis kebutuhan peserta didik, validasi produk
oleh ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran PAI dan angket respon peserta
didik. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi,
sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data
kevalidan dan analisis data kepraktisan.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan data dalam penelitian ini di
ketahui bahwa keefektifan, validitas, kepraktisan dan praktikalitas produk
dilakukan uji validitas oleh ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran dan uji
coba produk. Hasil validasi dari ahli media memperoleh persentase 80% dengan
kategori sangat valid, hasil validasi dari ahli materi memperoleh persentase 94%
dengan kategori valid, hasil validasi dari guru mata pelajaran memperoleh
persentase 96% dengan kategori sangat praktis dan hasil validasi dari uji coba
produk memperoleh persentase 81% dengan kategori sangat efektif.
Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Interaktif, Smart Apps Creator

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:40
Last Modified: 26 Oct 2023 06:40
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7288

Actions (login required)

View Item View Item