PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLSISWA KELAS VIII SMPN 3 PALOPO

KARMILA, KARMILA (2023) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLSISWA KELAS VIII SMPN 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of karmila 18 0204 0006.pdf] Text
karmila 18 0204 0006.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Karmila, 2023,” “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Penggunaan Internet
Terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika Berbasis High
Order Thinking Skill Siswa Kelas VIII SMPN 3 Palopo”, Skripsi, Program
Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institute Agama Islam Negeri(IAIN) Palopo dibimbing oleh Alia Lestari
dan Arsyad L.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh
kemandirian belajar terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematik
berbasis high order thinking skill siswa kelas VIII SMPN 3 Palopo, apakah ada
pengaruh penggunaan internet trrhadap kemampuan penyelesaian masalah
matematika berbasis high order thinking skill siswa kelas VIII SMPN 3 Palopo,
dan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan penggunaan internet
terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika berbasis high order
thinking skill siswa kelas VIII SMPN 3 Palopo.
Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Variabel penelitian ini
adalah kemandirian belajar (1) dan penggunaan internet (2) sebagai variabel bebas
dan kemampuan penyelesaian masalah matematika berbasis High Order Thinking
Skill (3) sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII SMP Negeri 3 Palopo, diambil sampel sebanyak 77 siswa sebagai subjek
penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode cluster random
sampling dengan perhitungan jumlah sampel menggunakan metode slovin. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data
yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Uji
prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas uji
multikolinieritas, dan uji linieritas.
Setelah data penelitian diolah dan dianalisis, maka dapat disimpulkan
bahwa 1) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan
penyelesaian masalah matematika berbasis High Order Thinking Skill, 2) terdapat
pengaruh penggunaan internet terhadap kemampuan penyelesaian masalah
matematika berbasis High Order Thinking skill, 3) terdapat pengaruh antara
kemandirian belajar dan penggunaan internet secara simultan terhadap
kemampuan penyelesaian masalah matematika berbasis High Order Thinking
Skill. Pengaruh variabel kemandirian belajar dan variabel penggunaan internet
terhadap variabel kemampuan penyelesaian masalah matematika berbasis High
Order Thinking Skill sebesar 7,3% dan sisanya 92,7% dipengaruhi oleh variabel
bebas di luar penelitian.
Kata Kunci: kemandirian belajar, penggunaan internet, kemampuan penyelesaian
masalah matematika, High Order Thinking s kill

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:57
Last Modified: 26 Oct 2023 06:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7290

Actions (login required)

View Item View Item