PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO

SARI, MUTMA (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of skripsi mutmasari.pdf] Text
skripsi mutmasari.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Mutma Sari, 2022.“Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis
masalah materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo”. Skripsi Program Studi
Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing Oleh
Nur Rahmah Dan Sitti Zuhaerah Thalhah.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Modul Pembelajaran
Matematika Berbasis Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
(SPLDV) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo. Peneliti ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana validitas dan praktikalitas pengembangan modul
pembelajaran matematika berbasis masalah sistem persamaan linear dua variabel
(SPLDV) siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Untuk
menghasilkan produk modul pembelajaran matematika berbasis masalah peneliti
menggunakan model Borg & Gall terdiri 6 tahap, yaitu analisis kebutuhan,
perencanaan produk awal, validasi ahli, revisi produk, uji kelompok kecil dan
produk akhir. Modul ini diuji validasinya oleh tiga validator ahli yaitu validator
desain, validator media, dan validator materi dan diuji kepraktisannya melalui
angket tanggapan siswa yang disusun sebanyak 12 pernyataan. Penelitian ini di
SMP Negeri 8 Palopo yang terletak di kota palopo Jl. Dr.Ratulagi No. 66
Kecamatan. Bara, Kelurahan Balandai.Waktu penelitian yang dilakukan pada
semester genap tahun 2020/2021. Instrumen penelitian terdiri 2 tahap, yaitu
angket validasi dan angket respon siswa. Teknik analisis data terdiri 2 tahap, yaitu
analisis kevalidan dan analisis kepraktisan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran matematika
berbasis masalah memenuhi kriteria sangat valid untuk digunakan dalam
pembelajaran matematika, dilihat dari hasil penilaian 3 validator dengan rata-rata
persentase 85,714%. Sedangkan hasil kepraktisan modul dilihat dari tanggapan
siswa yang memperoleh rata-rata nilai 3,4 dengan kategori baik, sehingga modul
praktis digunakan.
Kata kunci : Modul, Pembelajaran Berbasis Masalah, Sistem Persamaan
Linear Dua Variabel (SPLDV)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2023 00:23
Last Modified: 27 Oct 2023 00:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7292

Actions (login required)

View Item View Item