PENERAPAN METODE MIND MAPPI NG TERHADAP PENI NGKATAN HASIL BELAJAR PENDI DIKAN AGAM A ISLAM M ATERI MENELADANI SIFAT RASUL SISWA KELAS VII I SMPN 1 SABBANG

RISKA, RISKA (2023) PENERAPAN METODE MIND MAPPI NG TERHADAP PENI NGKATAN HASIL BELAJAR PENDI DIKAN AGAM A ISLAM M ATERI MENELADANI SIFAT RASUL SISWA KELAS VII I SMPN 1 SABBANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of skripsi Riska lengkap.pdf] Text
skripsi Riska lengkap.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Riska. 2023. “Penerapan Metode Mind Mapping pada Pembelajaran pendidikan
agama Islam Materi Meneladani Sifat Rasul terhadap Peningkatan Hasil Belajar
Siswa Kelas VIII D SMPN 1 Sabbang Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo.
Dibimbing oleh Dr. Nurdin K, M.Pd dan Baderiah, M. Ag.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada pokok bahasan
Meneladani Sifat Rasul melalui Metode pembelajaran Mind Mapping. Pelaksanaan
penelitian ini terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi
atau pengamatan, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII
D yang berjumlah 13 siswa, 9 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan pada semester
ganjil tahun ajaran 2022/2023. Data hasil tingkat pemahaman siswa terhadap mata
pelajaran pendidikan agama Islam pokok bahasan meneladani sifat rasul melalui
pemberian tes pada akhir siklus. Data keaktifan siswa selama proses pembelajaran
yaitu diperoleh melalui lembar observasi. Kemudian data yang terkumpul di
analisis dengan menggunakan tes analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pendidikan agama
Islam siswa pada siklus I yaitu 76,2 ke siklus II sebesar 83,5 % sedangkan
ketuntasan belajar pada siklus I hanya 69.23 %, berarti jumlah siswa yang tuntas
belajarnya 9 siswa dengan standar deviasi 7,4 meningkat pada siklus II dengan rata-
rata hasil belajar yaitu 83.5 dengan ketuntasan belajar pada siksus II sebesar
92.31% berarti jumlah siswa yang tuntas belajarnya 12 siswa dengan standar
deviasi 6,3. Selain itu dari hasil observasi terlihat semangat dan motivasi belajar
siswa meningkat dari siklus I ke siklus II.
Kata Kunci : Metode Mind Mapping, meningkatkan hasil belajar pendidikan agama
Islam siswa pada pokok bahasan meneladani sifat rasul

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:26
Last Modified: 27 Oct 2023 01:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7302

Actions (login required)

View Item View Item