ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALOPO

SISNA, SISNA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI FULL_SISNA.pdf] Text
SKRIPSI FULL_SISNA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Sisna, 2023. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam
Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Self-Confidence
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Nasaruddin dan Muhammad Hajarul Aswad A.
Skripsi ini membahas tentang analisis kemampuan representasi matematis
siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan
linear dua variabel ditinjau dari self-confidence siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi
matematis siswa yang memiliki self-confidence tinggi, sedang dan rendah dalam
menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua
variabel.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket self�confidence, tes kemampuan representasi matematis dilihat berdasarkan 3 indikator
yaitu representasi visual, persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau
teks tertulis, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas
VIII.A. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki self-confidence
tinggi mempunyai kemampuan representasi matematis kategori sedang. Siswa
yang memiliki self-confidence sedang mempunyai kemampuan representasi
matematis kategori rendah. Siswa yang memiliki self-confidence rendah
mempunyai kemampuan representasi matematis kategori rendah.
Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Sistem Persamaan Linear
Dua Variabel, Self-Confidence

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:51
Last Modified: 27 Oct 2023 01:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7310

Actions (login required)

View Item View Item