PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS DIGITAL PADA MATERI IMAN KEPADA NABI DAN RASUL DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 PALOPO

AMINI, NUR FAUSI (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PAI BERBASIS DIGITAL PADA MATERI IMAN KEPADA NABI DAN RASUL DI KELAS VIII SMP NEGERI 7 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NUR FAUSI AMINI.pdf] Text
NUR FAUSI AMINI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Fausi Amini, 2023. “Pengembangan Modul Pembelajaran PAI Berbasis
Digital Pada Materi Iman Kepada Nabi dan Rasul di
Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Sukirman Nurdjan dan Muhammad Yamin.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Modul Pembelajaran PAI
Berbasis Digital Pada Materi Iman Kepada Nabi dan Rasul di Kelas VII SMP
Negeri 7 Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui kebutuhan modul
pembelajaran PAI berbasis digital pada materi iman kepada Nabi dan Rasul di
kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo; untuk mengetahui rancangan penyusunan modul
pembelajaran PAI berbasis digital pada materi iman kepada Nabi dan Rasul di
kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo; untuk mengetahui validitas modul pembelajaran
PAI berbasis digital pada materi iman kepada Nabi dan Rasul di kelas VIII SMP
Negeri 7 Palopo; untuk mengetahui kepraktisan modul pembelajaran PAI berbasis
digital pada materi iman kepada Nabi dan Rasul di kelas VIII SMP Negeri 7
Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang lebih dikenal
dengan istilah Research and Developmen (R&D) yang mengacu pada model
rowntree yang terdiri dari 3 tahapan pengembangan, yaitu perencanaan,
pengembangan dan evaluasi. Lokasi penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 7
Palopo pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo, sedangkan objeknya adalah modul
pembelajaran PAI berbasis digital. Data penelitian diperoleh melalui wawancara,
lembar validasi, lembar angket praktikalitas dan dokumentasi. Untuk tingkat
kevalidan produk yang dikembangkan dilakukan uji validitas oleh validator ahli
media, bahasa dan materi, sedangkan untuk mengetahui praktikalitas produk,
peneliti membagikan angket praktikalitas kepada guru dan peserta didik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran PAI
berbasis digital pada materi iman kepada nabi dan rasul di kelas VIII SMP Negeri
7 Palopo di butuhkan dalam proses pembelajaran. Adapun modul pembelajaran
PAI berbasis digital ini mengacu pada rancangan pengembangan model rowntree
dan menggunakan aplikasi canva. Selanjutnya modul pembelajaran ini sangat
valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran dilihat dari penilaian ahli
media (80%) dengan kategori valid, ahli bahasa (92%) dengan kategori sangat
valid, ahli materi (92%) dengan kategori sangat valid. Pada tahap one to one
evaluation diperoleh hasil angket praktikalitas guru (98%) dengan kategori sangat
praktis, hasil angket praktikalitas siswa (87%) dengan kategori sangat praktis,
sedangkan pada tahap small group evaluation diperoleh data hasil angket
praktikalitas (93%) dengan kategori sangat valid.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul Pembelajaran PAI, Berbasis Digital

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:21
Last Modified: 27 Oct 2023 02:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7321

Actions (login required)

View Item View Item