STUDI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL BASIRAH KOTA PALOPO

WINDI, WINDI (2023) STUDI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL BASIRAH KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of WINDI_WISUDAH[1].pdf] Text
WINDI_WISUDAH[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
WINDI, 2022. “Studi Kemampuan Literasi Digital Pada Siswa Kelas V Sekolah
Dasar Islam Terpadu Al Basirah Kota Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh. Dibimbing oleh Abdul Pirol
dan Andi Muhammad Ajigoena.
Penelitian ini membahas kemampuan literasi digital pada siswa kelas V Sekolah
Dasar Islam Terpadu Al Basirah Kota Palopo. Tujuan penelitian: 1). Untuk
menganalisis tingkat literasi digital siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu
Al Basirah Kota Palopo; 2). Untuk mendeskripsikan bentuk aktivitas
pembelajaran yang melibatkan kemampuan literasi digital siswa kelas V Sekolah
Dasar Islam Terpadu Al Basirah Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa dan guru kelas V Sekolah Dasar
Islam Terpadu Al-Basirah Kota Palopo. Sumber data terdiri dari data primer dan
data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket
dan dokumentasi. Analisis data yaitu; reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan (1). Tingkat kemampuan literasi digital siswa
secara keseluruhan termasuk pada kategori baik sekali, hasil perolehan rata-rata
nilai pada setiap indikator menunjukkan bahwa indikator Literasi Reproduksi dan
Literasi Informasi berada pada kategori baik sekali, sedangkan indikator Literasi
Fotovisual berada pada kategori baik. (2). Bentuk aktivitas pembelajaran yang
melibatkan kemampuan literasi digital siswa, seperti penggunaan WhatssApp
sebagai aplikasi seluler untuk mengumpulkan hafalan harian, mengerjakan tugas
sekolah, serta membina komunikasi. Guru juga biasanya menggunakan perangkat
lunak power point untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa.
Kata kunci: Kemampuan Siswa, Literasi Digital, Sekolah Dasar Islam Terpadu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:25
Last Modified: 27 Oct 2023 02:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7322

Actions (login required)

View Item View Item