IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 2 PALOPO

MARASSING, ARJUN (2023) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI ARJUN MARASSING.PDF] Text
SKRIPSI ARJUN MARASSING.PDF

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Arjun Marassing, 2023, “Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan
Agama Islam dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMA Negeri 2 Palopo” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing Oleh: Dr. Munir Yusuf, S.Ag., M.Pd. dan Hasriadi,
S.Pd., M.Pd.
Guru pendidikan agama Islam sebagai pelaksana dalam proses
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 2 Palopo harus mampu
mengimplementasikan kompetensi pedagogik dengan baik. Tujuan peneliti yaitu:
1). Untuk mengetahui implementasi kompetensi pedagogik guru pendidikan
agama Islam terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMA
Negeri 2 Palopo. 2). Untuk mengetahui kendala dalam mengimplementasikan
kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam terhadap pembelajaran
pendidikan agama Islam (PAI) di SMA Negeri 2 Palopo.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan pedagogis, sumber data merupakan hasil wawancara
kepada sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik, teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, data
yang terkumpul di uji keabsahannya dengan teknik triangulasi, selanjutnya
dianalisis dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Implementasi kompetensi
pedagogik guru pendidikan agama Islam terhadap pembelajaran pendidikan
agama Islam (PAI) di SMA Negeri 2 Palopo sudah terlaksana dengan baik dilihat
dari proses pembelajaran guru telah mampu menyusun perangkat pembelajaran
mulai dari perencanaan guru sudah menyusun terlebih dahulu baru masuk kelas,
pelaksanaan proses pembelajaran guru menggunakan metode sesuai dengan
kondisi peserta didik dan evaluasi dilakukan diakhir pembelajaran. 2). Adapun
kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam terhadap pembelajaran
pendidikan agama Islam (PAI) di SMA Negeri 2 Palopo, kendala yang dihadapi
guru terletak pada kurangnya kedisiplinan peserta didik saat proses pembelajaran,
peserta didik kurang disiplin saat proses pembelajaran, penggunaan teknologi dan
kekurangan dalam menyediakan sarana media pembelajaran untuk peserta didik.
Dalam mengatasi kendala tersebut kepala sekolah dan guru meningkatkan
peraturan mengenai kedisiplinan dan peningkatan pengawasan, mengadakan
pelatihan-pelatihan mengenai penggunaan media dan berupaya melengkapi sarana
prasara dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Kompetensi pedagogik, guru pendidikan agama Islam, proses
pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:30
Last Modified: 27 Oct 2023 04:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7330

Actions (login required)

View Item View Item