MANAJEMEN STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI DI SMA MUHAMMADIYAH PALOPO

BINTORO, MUHAMMAD (2023) MANAJEMEN STRATEGI DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI DI SMA MUHAMMADIYAH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Muhammad Bintoro...pdf] Text
Skripsi Muhammad Bintoro...pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Bintoro, 2023. “Manajemen Strategi dalam Pengembangan Budaya
Literasi di SMA Muhammadiyah Palopo”. Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hilal Mahmud
dan Firman Patawari.
Skripsi ini membahas tentang manajemen strategi dalam pengembangan
budaya literasi di SMA Muhammadiyah Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kondisi budaya literasi di SMA Muhammadiyah Palopo dan untuk
mengetahui proses manajemen strategi dalam pengembangan budaya literasi di
SMA Muhammadiyah Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan pendekatan
deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah Palopo dan waktu
pelaksanaan penelitian tahun ajaran 2023. Subjek penelitian yaitu: kepala sekolah,
guru, pustakawan, dan siswa. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi,
pedoman wawancara, dokumen atau foto. Adapun teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kondisi budaya literasi di
SMA Muhammadiyah Palopo yaitu telah diadakannya gerakan literasi sekolah
mengikuti permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi
Pekerti: (a) Literasi Membaca Ayat Suci Al-Quran; (b) Literasi Baca Tulis; dan
(c) Literasi Informasi. (2) Proses manajemen strategi ini terdiri dari langkah�langkah yang harus dilalui untuk mencapai tujuan yang diharapkan: (a) Formulasi
Strategi, kepala sekolah mengarahkan tenaga pendidik dalam melaksanakan GLS
dengan mewajibkan setiap guru harus mengadakan literasi terlebih dahulu selama
5 menit; (b) Implementasi Strategi, sesuai dengan arahan kepala sekolah maka
telah diterapkan GLS dan juga terdapat kolaborasi antara tenaga pendidik dan staf
perpustakaan, dimana bagian perpustakaan menyediakan media pembelajaran; dan
(c) Evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir semester dan perubahan yang terjadi
yaitu para peserta didik yang dari awalnya kurang mampu menjadi mampu
membaca Al-Quran dan semakin disiplin dalam hal proses pembelajaran, serta
meningkatnya minat baca.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Budaya Literasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:03
Last Modified: 27 Oct 2023 06:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7335

Actions (login required)

View Item View Item