PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN PALOPO TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN DARING

Dewi, Rosmala (2023) PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN PALOPO TERHADAP SISTEM PEMBELAJARAN DARING. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of skripsi rosmala dewi ACC.pdf] Text
skripsi rosmala dewi ACC.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Rosmala Dewi, 2023. “Persepsi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Terhadap
Sistem Pembelajaran Daring.” Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. H.Hisban
Thaha, M.Ag.dan Bapak Muh. Agil Amin, S.Pd.I, M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang pandemi covid-19 yang mengubah tatanan
hidup masyarakat termasuk pada bidang pendidikan untuk menghindari
bertambahnya kasus, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah membuat
kebijakan tentang proses belajar mengajar menjadi daring (tatap muka). Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring, persepsi mahasiswa
PAI dan kendala beserta solusi pembelaran daring. Adapun fokus penelitian ini,
persepsi mahasiswa Pendidikan Agama Islam terkhusus angkatan 2020 terhadap
sistem pembelajaran daring di IAIN Palopo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan
wawancara dan studi dokumentasi melalui pendekatan pedagogik, sosiologis dan
didaktik metodik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
instrumen penelitian berupa wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran daring di
program studi pendidikan agama Islam dilaksanakan dengan baik secara fleksibel
dengan menggunakan metode daring (dalam jaringan) dan penugasan dari dosen
dengan memanfaatkan media pembelajaran daring yang tersedia, dalam
pelaksanaannya aplikasi yang umumnya digunakan adalah zoom meeting, google
meet, google classroom dan wa group. 2) Persepsi mahasiswa pendidikan agama
Islam angkatan 2020 terhadap pembelajaran daring yaitu baik, karena memuat
nilai-nilai positif di dalamnya, di antaranya: melatih kemandirian, biaya
terjangkau, waktu lebih fleksibel dan menambah wawasan (pengetahuan).3)
Kendala dan solusi dari permasalahan umum pembelajaran daring, Gangguan
jaringan ketika belajar secara daring maka Waktu belajar yang terbatas, Tidak
optimalnya pembelajaran daring saat komunikasi mengenai materi pelajaran,
Kurangnya pemahaman mahasiswa/i terhadap materi pembelajaran. Solusi dari
permasalahan tersebut, baik mahasiswa maupun dosen pengampu membuat
alternatif solusi pada masalah yang tidak terduga jika secara tiba-tiba terjadi
masalah.
Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 27 Oct 2023 06:23
Last Modified: 27 Oct 2023 06:23
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7339

Actions (login required)

View Item View Item