PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PADA TEMA 6 MATERI MASALAH SOSIAL BERBANTUAN CANVA DESIGN PADA KELAS V DI SDN 41 BATU PUTIH KOTA PALOPO

RAHAYU, SRI (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN PADA TEMA 6 MATERI MASALAH SOSIAL BERBANTUAN CANVA DESIGN PADA KELAS V DI SDN 41 BATU PUTIH KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SRI RAHAYU.pdf] Text
SRI RAHAYU.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Sri Rahayu, 2023. “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Pada Tema 6 Materi
Masalah Sosial Berbantuan Canva Design Pada Kelas V SDN 41Batu
Putih Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Munir Yusuf dan Lilis Suryani
Peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran karena buku paket
yang di gunakan pendidik dalam proses pembelajaran kurang menarik minat
peserta didik. Skripsi ini membahas tentang E-Modul Pembelajaran Pada Tema 6
Materi Masalah Sosial Berbantuan Canva Design Pada Kelas V SDN 41Batu
putih Kota Palopo, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, kevaliditan,
kepraktisan, dengan e-modul pembelajaran Tema 6 materi masalah sosial Kelas
V SDN 41 Batuputih Jenis penelitian pengembangan atau Reseacrh and
Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari 5
tahapan yaitu: (1) tahap analisis, (2) tahap design, (3) tahap pengembangan, (4)
tahap implementasi, dan (5) tahap evaluasi. Adapun teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, test dan pemberian angket
kepada peserta didik dan tenaga pendidik. Kemudian dianalisis secara kualitatif
dan kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan produk berupa e-modul pembelajaran Tema 6
materi masalah sosial berbantuan canva design kelas V di SDN 41 Batuputih
Kota Palopo yang divalidasi oleh 3 validator yaitu validator media dengan nilai
93% (sangat valid), validator materi sebesar 95% (sangat valid), dan validator
bahasa sebesar 92% (sangat valid). Serta persentase rata-rata nilai dari ketiganya
sebesar 93,% (sangat valid). Untuk hasil uji kepraktisan guru diperoleh nilai
sebesar 100% (sangat praktis) dan hasil uji kepraktisan peserta didik diperoleh
dengan nilai yaitu 87,72% (sangat praktis).
Kata Kunci: E-Modul, Masalah Sosial, Canva Design

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 30 Oct 2023 00:19
Last Modified: 30 Oct 2023 00:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7353

Actions (login required)

View Item View Item