PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PALOPO

NITA, NITA (2023) PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of NITA MPI 2019.PDF] Text
NITA MPI 2019.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nita, 2023. “Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan
Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palopo”. Skripsi
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr.
Fatmaridah Sabani, M.Ag dan Alimuddin, S.Ud., M.Pd.I.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode campuran (Mixed
Methods). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu redukasi data,
penyajian data, dan verifikasi/ menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data
menggunakan taknik triangulasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Gambaran kinerja guru di
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palopo pada tahun 2020 dan tahun 2021
mengelami perubahan. Pada tahun 2021 Skripsi ini membahas tentang Perilaku
Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah
Menengah Atas Negeri 1 Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui
gambaran kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palopo; Untuk
mengetahui perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja
guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palopo.
kinerja guru mengalami penurunan pada kompetensi sosial dan
kompetensi profesional. Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palopo yaitu
kepala sekolah menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dan gaya
kepemimpinan situasional. Gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah
melibatkan para guru dalam mengambil keputusan dari hasil musyawarah serta
menciptakan suasana kekeluargaan dengan para guru. Perilaku kepemimpinan
kepala sekolah dengan gaya kepemimpinan situasional dalam meningkatkan
kinerja guru di SMA Negeri 1 Palopo dimana kepala sekolah menyesuaikan
dirinya berdasarkan situasi dan kondisi yang ada baik perilaku beriorientasi tugas,
beriorientasi hubungan manusia, dan perilaku beriorientasi kematangan. Dengan
demikian perilaku kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja
guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palopo berpengaruh secara signfikan.
Kata Kunci: Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 30 Oct 2023 00:21
Last Modified: 30 Oct 2023 00:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7354

Actions (login required)

View Item View Item