PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BARA KOTA PALOPO

SYAHRIR, SYAHRIR (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU DI SD NEGERI SE-KECAMATAN BARA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI SYARIR.PDF] Text
SKRIPSI SYARIR.PDF

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Syahrir, 2023. “Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah terhadap
Kinerja Mengajar Guru di SD Negeri Se-Kecamatan Bara Kota
Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Muhazzab Said dan Ali Naharuddin Tanal.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kepemimpinan Instruksional
Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru di SD Negeri Se-Kecamatan
Bara Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui gambaran
kepemimpinan instruksional kepala sekolah di SD Negeri Se-Kecamatan Bara
Kota Palopo; (2) Untuk mengetahui gambaran kinerja mengajar guru di SD
Negeri Se-kecamatan Bara Kota Palopo; (3) Untuk mengetahui pengaruh
kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru di SD
Negeri Se-kecamatan Bara Kota Palopo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian ex-post facto. Populasinya adalah seluruh guru di SD Negeri Se-
Kecamatan Bara Kota Palopo yang berjumlah 144 orang. Pengambilan sampel
menggunakan teknik random sampling dengan sampel yang digunakan sebanyak
59 guru. Data diperoleh menggunakan instrumen angket dan dokumentasi
sedangkan teknik analisis statistik yang digunakan untuk mengelolah data hasil
penelitian yaitu analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, analisi
regresi linear sederhana, uji hipetosis dan koefisien determinasi dengan
menggunakan bantuan program SPSS vers.20 for windows.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepemimpinan
Instruksional Kepala Sekolah di SD Negeri Se-Kecamatan Bara Kota Palopo,
sudah berjalan dengan cukup baik, hal ini terlihat dari rata-rata persentase nilai
responden pada angket kepemimpinan instruksional kepala sekolah sebesar 36%
dengan frekuensi 21 orang dapat dikatakan kategori sedang; (2) Kinerja Mengajar
Guru di SD Negeri Se-Kecamatan Bara Kota Palopo, sudah berjalan dengan
cukup baik, hal ini terlihat dari rata-rata persentase nilai responden pada angket
kinerja mengajar guru 34% dengan frekuensi 20 orang dapat dikatakan kategori
sedang; (3) Terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan instruksional kepala
sekolah terhadap kinerja mengajar guru di SD Negeri Se-Kecamatan Bara Kota
Palopo sebesar 72% dan sisanya 28% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan hasil uji parsial (uji-t) diperoleh dari
output “coefficients” didapatkan nilai Thitung sebesar 2,108 dan nilai Ttabel sebesar
2,0024 atau 2,0108 > 2,0024 dan nilai signifikan 0,039 < 0,05 (Ho ditolak dan HI
diterima). Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kepemimpinan
instruksional kepala sekolah (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja mengajar guru (Y).
Kata Kunci: Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Kinerja Mengajar
Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 30 Oct 2023 00:26
Last Modified: 30 Oct 2023 00:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7355

Actions (login required)

View Item View Item