IMPLEMENTASI TATA TERTIB DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO

RESKI, RESKI (2023) IMPLEMENTASI TATA TERTIB DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of RESKI (MPI 2019).PDF] Text
RESKI (MPI 2019).PDF

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Reski, 2023. “Implementasi tata tertib dalam peningkatan kedisiplinan Peserta
didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo” Skripsi Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Taqwa dan Hasri.
Skripsi ini membahas tentang implementasi tata tertib dalam peningkatan
kedisiplinan Peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan Peserta didik di Madrasah Tsanawiyah
Negeri Palopo, untuk mengetahui faktor yang menjadi tantangan dalam
pengimplentasian tata tertib dalam peningkatan kedisiplinan Peserta didik di
Madrasah Tsanawiyah dan solusinya, untuk mengetahui bentuk tata tertib
Madrasah dalam peningkatan kedisiplinan Peserta didik di Madrasah Tsanawiyah
Negeri Palopo
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Subjek penelitainnya yaitu kepala Madrasah, guru bidang kesiswaan,
guru bimbingan konseling, guru wali kelas dan Peserta didik. Data diperoleh dari
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, mengetahui kedisiplinan
Peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri palopo yaitu, kedisiplinan di
Madrasah sudah dikatakan baik namun masih perlu untuk lebih ditingkatakan
karena masih ada beberapa Peserta didik di Madrasah yang masih melanggar tata
tertib. kedua, faktor yang menjadi tantangan dalam pengimplementasian tata tertib
yaitu kurangnya kerjasama antara Madrasah dan orang tua Peserta didik, dan
Peserta didik itu sendiri yaitu orang tua yang kurang setuju dan kurang memahami
mengenai tata tertib yang telah diimplementasikan Madrasah kemudian Peserta
didik yang yang tidak memiliki kesadaran diri tentang pentingnya tata tertib,
kemudian solusi dari tantangan tersebut dibutuhkan kerjasama yang baik antara
Madrasah, orang tua dan Peserta didik. Ketiga, bentuk tata tertib Madrasah dalam
peningkatan kedisiplinan Peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo
yaitu peserta didik yang di haruskan untuk menjaga kebersihan dan peserta didik
yang di wajibkan memakai atribut lengkap, dan masih ada beberapa bentuk tata
tertib Madrasah, dimana Madrasah sudah menerapkan tata tertib dengan baik dan
dengan adanya tata tertib sehingga mampu mendisiplinkan peserta didik yang ada
di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo, namun di Madrasah juga masih ditemukan
peserta didik yang melanggar tata tertib yang telah diterapkan oleh Madrasah.
Kata Kunci : Implementasi, Tata Tertib, Kedisiplinan Peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 30 Oct 2023 00:55
Last Modified: 30 Oct 2023 00:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7361

Actions (login required)

View Item View Item