PENGETAHUAN PEDAGANG PASAR TENTANG PRODUK PEMBIAYAAN USAHA MIKRO BANK SYARIAH INDONESIA

Aulia, Ria Resky (2023) PENGETAHUAN PEDAGANG PASAR TENTANG PRODUK PEMBIAYAAN USAHA MIKRO BANK SYARIAH INDONESIA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Ria Resky Aulia_1904020134.pdf] Text
Ria Resky Aulia_1904020134.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Ria Resky Aulia, 2023. “ Pengetahuan Pedagang Pasar Tentang Produk
Pembiayaan Usaha Mikro Bank Syariah Indonesia”.
Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agam Islam Negeri
Palopo, Dibimbing oleh Dr. Adzan Noor Bakri.
Skripsi ini membahas tentang Pengetahuan Pedagang Pasar Tentang Produk
Pembiayaan Usaha Mikro Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini bertujuan: Untuk
mengeksplorasi pengetahuan pedagang pasar tentang produk pembiayaan usaha
mikro Bank syariah Indonesia: Untuk mengeksplorasi pemahaman pedagang
pasar tentang prinsip syariah produk pembiayaan usaha mikro Bank Syariah
Indonesia: Untuk mengeksplorasi kepercayaan pedagang pasar tentang produk
pembiayaan usaha mikro Bank Syariah Indonesia. Jenis penelitian ini adalah
kualitatif dan berfokus pada pedagang Pusat Niaga Kota Palopo. Teknik
pemilihan informan pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Informan
yang digunakan sebanyak 10 orang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis menggunakan aplikasi
Nvivo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan pedagang pasar
tentang produk pembiayaan usaha mikro Bank Syariah Indonesia hanya sebatas
mereka mengetahui bahwa produk tersebut bebas riba, hanya tahu bank syariah
saja dan hanya berpikir bahwa bank syariah tempat menabung, dan ada yang sama
sekali tidak mengetahui dikarenakan tidak mendapat sosialisasi tentang produk
tersebut, sedangkan pemahaman pedagang pasar tentang prinsip syariah yang ada
didalam produk pembiayaan usaha mikro Bank Syariah Indonesia dikatakan
sangat minim walaupun mereka menggunakan atau tahu tentang produk ini tapi
mereka tidak begitu paham tentang prinsip yang ada didalamnya. Kepercayaan
pedagang pasar tentang produk ini, yang percaya hanya yang sudah merasakan
sendiri manfaat dari produk ini sedangkan yang tidak menggunakan mengatakan
tidak percaya terhadap produk ini.
Kata Kunci : Produk, Pengetahuan, Pemahaman Prinsip, Kepercayaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
300 Ilmu sosial > 346.08 Hukum Bank, Hukum Perbankan dan Hukum Asuransi
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:07
Last Modified: 30 Oct 2023 01:07
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7365

Actions (login required)

View Item View Item