PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN MODEL KOOPERATIF TERINTEGRASI PERMAINANSUNJU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 194 WAELAWI

ARATNI, DEVI (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DENGAN MODEL KOOPERATIF TERINTEGRASI PERMAINANSUNJU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 194 WAELAWI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of DEVI ARATNI.pdf] Text
DEVI ARATNI.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Devi Aratni, 2023.“Pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Bangun
Ruang dengan Model Kooperatif Terintegrasi Permainan Sunju di SDN
194 Waelawi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hilal Mahmud dan Lisa Aditya
Dwiwansyah Musa.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan Lembar Kerja Siswa pada
Materi Bangun Ruang dengan Model Kooperatif Terintegrasi Permainan Sunju di
SDN 194 Waelawi yang disusun bertujuan untuk mengetahui kebutuhan
pengembangan, desain pengembangan, hasil validitas pengembangan, dan hasil
praktikalitas pengembangan Lembar Kerja Siswa pada Materi Bangun Ruang
dengan Model Kooperatif Terintegrasi Permainan Sunju di SDN 194 Waelawi.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yaitu
penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk. Produk lembar kerja
siswa dengan model kooperatif menggunakan model ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SDN 194
Waelawi Subjek dalam penelitian ini adalah 23 orang siswa kelas V dan objeknya
adalah lembar kerja siswa materi bangun ruang. Data dalam penelitian
dikumpulkan dengan observasi, instrument angket dan lembar wawancara. Data
yang diperoleh kemudian dianalisis secara bertahap, data kualitatif dianalisis
dengan analisis deskriptif kualitatif sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan
rumus perhitungan persentase.
Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan
memiliki spesifikasi yaitu LKS dengan materi bangun ruang untuk kelas V SD/MI
kurikulum 2013, isi materi memuat pula kegiatan permainan sunju yang akan
dilaksanakan peserta didik lengkap dengan tata caranya, selain itu soal disajikan
untuk dikerjakan secara kooperatif/berkelompok. LKS divalidasi oleh 2 validator
ahli dengan menggunakan instrumen angket diantaranya validator ahli desain dan
validator ahli materi. Hasil validasi pada ahli materi adalah valid dan ahli desain
adalah cukup valid. Sehingga dari keseluruhan produk yang dikembangkan valid
dan layak digunakan.
Kata kunci : Bangun ruang, pengembangan LKS, model kooperatif, permainan
sunju

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:29
Last Modified: 30 Oct 2023 01:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7375

Actions (login required)

View Item View Item