STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI DIGITAL GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PALOPO

ASQIA, ASQIA (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN LITERASI DIGITAL GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of ASQIA MPI 19.PDF] Text
ASQIA MPI 19.PDF

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Asqia, 2019. “Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Literasi Digital
Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Palopo”. Skripsi
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Firman dan H. M. Arief R.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Kepala Sekolah dalam
Pengembangan Literasi Digital Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui kemampuan literasi digital
guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Palopo; Untuk mengetahui faktor
internal dan eksternal yang berkontribusi dalam Strategi Pengembangan Literasi
Digital Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Palopo; dan Untuk
mengetahui strategi dalam pengembangan literasi digital guru di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 1 Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Lokasi penelitian bertempat
di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Palopo. Penelitian ini dilaksanakan pada
Februari 2023. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Instrument
penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, format dokumentasi, format
identifikasi faktor internal/eksternal, matriks IFE, EFE, SWOT dan QSPM.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa: Kemampuan literasi digital
guru di SMP Negeri 1 Palopo sudah hampir memenuhi empat kategori
kompetensi literat digital; Faktor internal yang berkontribusi dalam strategi
pengembangan literasi digital guru meliputi kekuatan dan kelemahan yang
bersumber dari lingkungan dalam sekolah serta faktor eksternal meliputi peluang
dan ancaman yang bersumber dari lingkungan luar sekolah; Strategi prioritas
dalam pengembangan literasi digital guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1
Palopo adalah meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran digital dengan
melaksaksanakan program workshop pemanfaatan pembelajaran digital setiap satu
bulan satu aplikasi dengan nilai Total Attractiveness Score (TAS) sebesar 15,688
yang diperoleh dari analisis matriks QSPM.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Literasi Digital Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:42
Last Modified: 30 Oct 2023 01:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7380

Actions (login required)

View Item View Item