DAMPAK GADGET TERHADAP AKTIVITAS KEAGAMAAN REMAJA DI DESA SADAR KECAMATAN BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA (STUDI KASUS REMAJA BERUSIA 16-18 TAHUN)

Husniati, Husniati (2023) DAMPAK GADGET TERHADAP AKTIVITAS KEAGAMAAN REMAJA DI DESA SADAR KECAMATAN BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA (STUDI KASUS REMAJA BERUSIA 16-18 TAHUN). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI HUSNIATI BKI 18.pdf] Text
SKRIPSI HUSNIATI BKI 18.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Husniati,2023. “Dampak Gadget Terhadap Aktivitas Keagamaan Remaja Di
Desa Sadar Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara (Studi
Kasus Remaja Usia 16-18 Tahun) ”. Skripsi Program Studi Bimbingan
dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Efendi P dan Amrullah
Harun.
Skripsi ini membahas tentang dampak gadget terhadap aktivitas
keagamaan reamaja. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dampak gadget
terhadap aktivitas keagamaan pada remaja yang berusia 16, 17, 18 tahun di Desa
Sadar Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara dan untuk mengetahui
faktor yang mempengaruhi penggunaan gadget terhadap aktivitas keagamaan
remaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif dengan fokus penelitian pada dampak dari penggunaan gadget terhadap
aktivitas keagamaan remaja. Subjek penelitiannya adalah remaja serta masyarakat
di Desa Sadar adapun objek penelitiannya adalah remaja yang berusia 16, 17, 18
tahun yang mengalami dampak dari penggunaan gadget terhadap aktivitas
keagamaannya. Sumber data pada penelitian ini yaitu sumber data primer yang
diperoleh dari remaja yang berusia 16-18 tahun, sedangkan sumber data sekunder
berasal dari hasil bacaan yang berupa buku, penelitian terdahulu yang relevan,
serta artikel dan jurnal. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa
observasi, wawancara dengan menggunakan teknik purposive sampling untuk
pengambilan sampel, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berupa reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa gadget memiliki dampak positif dan dampak negatif dari masing-masing
penggunanya, jika gadget digunakan secara berlebihan akan mengakibatkan rasa
malas untuk beraktivitas dan melakukan ibadah, kurangnya konsentrasi belajar
yang disebakan oleh penggunaan gadget secara berlebihan, merosotnya moral dan
ahlak remaja, berkurangnya rasa empati. Namun dibalik dampak negatiif gadget,
gadget juga memiliki dampak positif jika digunakan dengan bijak yaitu dapat
menambah wawasan, mempermudah komunikasi dan meningkatkan nilai-nilai
keagamaan melalui sosial media, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan dan
mampu memberikan manfaat bagi kehidupan yang lebih baik lagi. Implikasi dari
penelitian ini diharapkan agar para pengguna gadget terkhusus pada remaja agar
lebih bijak menggunakan gadget, sehingga dapat menimbulkan dampak positif
bagi kehidupan masing-masing.
Kata Kunci : Dampak Gadget, Aktifitas Keagamaan, Remaja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:31
Last Modified: 30 Oct 2023 06:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7410

Actions (login required)

View Item View Item