ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XI IPA SMAN 1 ENREKANG

SYAWALDI, SYAWALDI (2023) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS XI IPA SMAN 1 ENREKANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI SYAWAL 2.pdf] Text
SKRIPSI SYAWAL 2.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Syawaldi: Analisis pelaksanaan pembalajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran
Matematika di Kelas XI IPA SMAN 1 Enrekang. Skripsi Program
Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Bapak Mardi
Takwim dan Ibu Hj Salmilah
Pandemi Covid-19 yang terjadi diberbagai negara membeikan dampak
yang luas pada semua sektor penting seperti pendidikan. Sistem pendidikan
diberbagai tingkatan pendidikan telah berubah dari pembelajaran tatap muka
menjadi pembelajaran jarak jauh. Dengan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh
ini semua elemen pendidikan termasuk guru maupun siswa dituntut untuk bisa
memanfaatkan teknologi yang ada. Berdasarkan observasi di SMAN 1 Enrekang
diketahui bahwa ada upaya yang baik dari pihak sekolah maupun guru untuk
melaksanakan pembelajaran jarak jauh, sehingga proses belajar mengajar tetap
terlaksana. Penelitian ini diadakan untuk mengetahui analisis pelaksanaan
pembelajaran matematika dan kendala yang dihadapi saat proses pembelajaran
jarak jauh.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif
yang sifatnya deskriptif yang artinya penelitian yang mengacu pada teknik
pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi.
Adapun jumlah informan yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 64
Siswa. Cara untuk memperoleh data dalam penelitian ini meliputi observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dipergunakan
dalam penelitian ini adalah meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran
jarak jauh pada mata pelajaran matematika di kelas XI IPA SMAN 1 Enrekang
dikategorikan efektif berdasarkan hasil responden dari 64 siswa. Hal ini dapat
dilihat dari tiga aspek penilaian, yaitu keaktifan siswa, respon siswa dan
penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran matematika yang dilaksanakan
secara online.
Kata Kunci : Pembelajaran Jarak Jauh

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:44
Last Modified: 30 Oct 2023 06:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7413

Actions (login required)

View Item View Item