PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN 369 TIROMANDA KECAMATAN BUA KABUPATEN LUWU

FITRIANI, FITRIANI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN 369 TIROMANDA KECAMATAN BUA KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of FITRIANI PGMI.pdf] Text
FITRIANI PGMI.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Fitriani, 2023. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator
and Explaining terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV SDN 369
Tiromanda Kecamatan Bua Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Baderiah
dan Mirnawati
Skripsi ini membahas mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran
student facilitator and explaining terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV
SDN 369 Tiromanda Kecamatan Bua Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa kelas IV SDN 369 Tiromanda
sebelum menggunakan model pembelajaran SFAE, untuk mengetahui
kemampuan kognitif siswa kelas IV SDN 369 Tiromanda setelah menggunakan
model pembelajaran SFAE, serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
yang signifikan penerapan model pembelajaran SFAE terhadap kemampuan
kognitif siswa kelas IV SDN 369 Tiromanda.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-
Experimental Design dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest
Design. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN
369 Tiromanda Kecamatan Bua Kabupaten Luwu yang berjumlah 26 orang.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 369 Tiromanda
Kecamatan Bua Kabupaten Luwu yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil kemampuan kognitif dalam bentuk
soal pretest-posttest. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis
statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata nilai (pretest)
sebesar 51,27 dan rata-rata nilai (posttest) sebesar 79,88 yang dikategorikan
tinggi. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil
uji-t dengan nilai signifikansi (2 tailed) < 0,05 yaitu < 0,000 berarti ditolak dan
diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara penerapaan model pembelajaran Student Facilitator and
Explaining terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV SDN 369 Tiromanda.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Student Facilitator And Explaining,
Kemampaun Kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300 Ilmu sosial > 371.12 Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 31 Oct 2023 01:53
Last Modified: 15 Nov 2023 00:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7443

Actions (login required)

View Item View Item