DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DAN ALTERNATIF PROSES PEMBELAJARAN REMEDIAL DI UPTSMP NEGERI 1 RONGKONG

NURSIAM, NURSIAM (2023) DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DAN ALTERNATIF PROSES PEMBELAJARAN REMEDIAL DI UPTSMP NEGERI 1 RONGKONG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsi NURSIAM CD.pdf] Text
Skripsi NURSIAM CD.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Nursiam, 2023, Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Siswa dan Alternatif
Proses Pembelajaran Remedial di UPT SMP Negeri 1
Rongkong.Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo.Dibimbing oleh Muhammad Ihsan dan Arsyad L.
Skripsi ini membahas tentang diagnosis kesulitan belajar matematika siswa
dan alternatif proses pembelajaran remedial di Upt SMP Negeri 1 rongkong.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam
pembelajaran matematika serta alternatif proses remedial yang dapat mengatasi
kesulitan belajar siswa.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis,dan wawancara.Subjek
penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas VIII.Analisis data yang digunakan yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, jenis-jenis kesulitan belajar pada
materi relasi dan fungsi adalah pertama memahami soal, meliputi kesalahan
dimana tidak menuliskan yang diketahui dan ditanyakan soal, kedua kesulitan
memahami konsep meliputi kesalahan tidak mengetahui apa yang dimaksud soal,
tidak menuliskan dengan lengkap penyelesaian dan kemampuan siswa yang
hanya mengingat konsep yang disampaikan gurunya. Ketiga memahami prinsip
meliputi kesalahan tidak mengetahui langkah-langkah dalam menyelesaikan soal
dengan benar, dan menjelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan. hasil dari
pembelajaran remedial dengan metode alternatif diskusi bisa dikatakan berhasil
karena adanya penurun kesulitan belajar yang dialami siswa pada tes remedial
yang telah dilakukan, setelah tes remedial siswa memenuhi KKM yang sesuai
disekolah. Walaupun tidak semua kesalahan dapat teratasi sepenuhnya
Kata Kunci :Diagnosis, Kesulitan belajar, Remedial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:29
Last Modified: 31 Oct 2023 02:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7453

Actions (login required)

View Item View Item