STRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO

AL AMIN, MUHAMMAD NURUL (2023) STRATEGI GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of MUHAMMAD NURUL AL-AMIN - SKRIPSI.PDF] Text
MUHAMMAD NURUL AL-AMIN - SKRIPSI.PDF

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Nurul Al-amin, 2022. "Strategi guru dalam pembinaan akhlak
peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri palopo". Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Perguruan Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh (1) Dr. Kaharuddin,
M. Pd.I, (2) Muh. Agil, S. Pd., M.Pd.
Permasalahan yang mendasar dalam skripsi ini adalah permasalahan akhlak
peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri palopo. Adapun tujuan penelitian: 1) Apa
yang menyebkan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri palopo kurang
baik. 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam membina akhlak peserta
didik di Madrasah Aliyah Negeri palopo. 3) Untuk mengetahui faktor apa yang
menjadi penghambat dan pendukung guru dalam membina akhlak peserta didik di
Madrasah Aliyah Negeri palopo.
Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif
deskriptif. Lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Negeri palopo dan waktu
pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan November sampai pada bulan Desember
2022. Adapun data dan sumber data terdiri dari: 1) Data primer, yakni data yang
diperoleh langsung dari 5 orang peserta didik, 2 guru akidah akhlak, dan kepala
sekolah. 2) Data sekunder yakni data yang diperoleh melalui penelusuran referensi.
Instrumen dalam penelitian ini yakni penulis sendiri sebagai Human Instrumen
kemudian pedoman wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan
data ialah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. pemeriksaan keabsahan
data yakni menggunakan triangulasi sumber, triangulasi Teknik, dan triagulasi
waktu. Sedangkan Teknik koleksi data, analisis data yakni reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini ialah: 1) Penyebab Peserta Didik berakhlak kurang
baik: yaitu faktor lingkungan, menonton film kekerasan dan kurang menerapkan
kebiasaan baik. 2) Starategi guru dalam membina akhlak peserta didik: strategi
yang digunakan yaitu ketreladanan, pembiasaan, nasihat dan hukuman. 3) faktor
yang menjadi penghambat dan pendukung guru dalam membina akhlak: a. faktor
penghambat yaitu minimnya Pendidikan agama di luar sekolah, kurangnya minat
peserta didik terhadap pembelajaran agama Islam, serta peserta didik kebanyakan
lebih memilih bermain game online dari pada membaca dan belajar agama, adanya
pembiasaan yang dimiliki oleh siswa di luar sekolah, kurangnya kordiansi atau
perhatian dari beberapa orang tua terhadap perkembangan anaknya. b. Adapun
faktor pendukung dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri
Palopo yaitu faktor keluarga, adanya komunikasi yang baik antara guru dan peserta
didik disertai dengan orang tua, adanya kesadaran dari dalam diri peserta didik,
adanya teladan yang baik dalam diri guru, metode pembelajaran yang menarik, serta
sarana dan prasarana yang mendukung, pembentukan akhlakul karimah menjadi
menjadi visi misi di madrasah.
Kata Kunci: peserta didik, strategi guru, ahklak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:29
Last Modified: 31 Oct 2023 02:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7454

Actions (login required)

View Item View Item