KAJIAN KITAB TAISI>RU>L KHALLA>Q FIL ILMI AKHLAQ DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKHLAK SANTRI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM KABUPATEN LUWU TIMUR

HALIMATUSSA'DIYAH, HALIMATUSSA'DIYAH (2023) KAJIAN KITAB TAISI>RU>L KHALLA>Q FIL ILMI AKHLAQ DAN IMPLIKASINYA TERHADAP AKHLAK SANTRI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL ULUM KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of TESIS  HALIMATUSSA'DIYAH.PDF] Text
TESIS HALIMATUSSA'DIYAH.PDF

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Halimatussa’diyah, 2022. “Kajian Kitab Taisir al-Khallaq Fil Ilmi Akhlaq dan
Implikasinya terhadap Akhlak Santri Pondok Pesantren Miftahul Ulum
Kabupaten Luwu Timur”. Tesis Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama
Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. H. M. Zuhri Abu
Nawas, Lc., MA dan Dr. H. Rukman AR Said, Lc., M.Th.I.
Tesis ini mengambarkan beberapa permasalahan: 1) Bagaimana profil kitab Taisir
al-Khallaq Fil Ilmi Akhlaq karya Syekh Hasan al-Mas’udi? 2) Bagaimana pelaksanaan
pembelajaran kitab Taisir al-Khallaq Fil Ilmi Akhlaq untuk membentuk akhlak santri di
Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur? 3)
Bagaimana hambatan dan solusi pembelajaran kitab Taisir al-Khallaq dalam membentuk
akhlak santri di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu
Timur?
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan
pedagogik. Sumber data dalam penelitian berasal dari hasil wawancara, adapun Pihak yang
diwawancarai yakni Asatidz, Orang tua, Santri, Sedangkan data sekunder diambil dari
dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)
Dalam kitab Taisir al-Khallaq terdiri dari tiga puluh satu bab. Kitab ini merupakan sebuah
kitab yang ringkas dari bagian ilmu akhlak. Dari tiga puluh satu bab tersebut satu bab yang
khusus membahas tentang adab belajar bagi penuntut ilmu. Hal yang paling dikedepankan
oleh Hafiz Hasan Al-Mas’udi dalam kitabnya Taisir al-Khallaq Fil Ilmi Akhlaq adalah
perintah dengan bahasa yang lembut dan mudah dipahami oleh peserta didik. 2)
Pembelajaran kitab Taisir al-Khallaq diadakan dalam kegiatan takhasus di laksanakan
setiap habis jamaah salat Isya, tepatnya pukul 19.30-20.30. Setiap satu kali kegiatan
takhasus terdapat dua kali pertemuan, satu kali pertemuan terdapat waktu 30 menit untuk
pelajaran satu kitab. Pembelajaran kitab Taisir al-Khallaq Fil Ilmi Akhlaq kelas 1
berjalan satu minggu sekali yang jatuh pada malam kamis. 3) Faktor pendukung dan
penghambat: Dari faktor kekuatan dan kelemahan (internal): a. Kekuatan (Strengths) 1)
Saling bekerja sama antara pengasuh, ustadz, dan pengurus untuk mewujudkan santri yang
berakhlak mulia 2) Santri yang mempelajari kitab Taisir al-Khallaq Fil Ilmi Akhlaq di
pondok akan lebih mengetahui bagaimana cara-cara beradab baik beradab kepada diri
sendiri, Allah, sesama manusia. b. Hambatan 1) Sarana prasarana yang sederhana yaitu
dengan menggunakan papan tulis dan spidol 2) Ada santri yang terkadang masih suka
mengantuk pada saat pembelajaran berlangsung, itu di sebabkan karena santri yang
mengantuk tersebut sudah kelelahan dalam kegiatan sehari-hari.
Implikasi penelitian adab belajar terhadap guru yang meliputi berkeyakinan, bahwa
kemuliaan gurunya melebihi kemuliaan kedua orang tuanya sendiri. sebab, gurulah yang
mendidik jiwanya, tunduk ketika di hadapan guru, duduk dengan sopan, ketika sedang
menerima pelajaran dari guru dan mendengarkannya dengan baik, tidak bergurau, tidak
mengunggul-unggulkan guru lain di hadapan gurunya, agar guru tidak tersinggung, tidak
malu bertanya kepada guru tentang persoalan atau pelajaran yang belum dipahaminya.
Kata Kunci: Kitab Taisir al-Khallaq Fil Ilmi Aklaq , Akhlak Santri, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:37
Last Modified: 31 Oct 2023 02:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7457

Actions (login required)

View Item View Item