KONTRIBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP TOLERANSI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 4 KOTA PALOPO

S., HASTIKA (2023) KONTRIBUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP TOLERANSI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 4 KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI HASTIKA S (PAI 2019).PDF] Text
SKRIPSI HASTIKA S (PAI 2019).PDF

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Hastika S, 2023. “Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menerapkan
Pendidikan Multikultural Terhadap Toleransi Siswa Kelas XI Sekolah
Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Kota Palopo”. Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakutas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Di bimbing oleh St Marwiyah dan Eka Poppi Hutami
Kontribusi guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik, pengajar,
pembimbing dan pelatih selama ini masih ada yang belum terlaksana. Kontribusi
guru Pendidikan Agama Islam masih sebatas pengajar dalam memberikan
pelayanan kepada siswa menggunakan metode ceramah yang belum terintegrasikan
dengan keadaan siswa yang multikultural. Sebagai pendidik guru Pendidikan
Agama Islam telah memberi uswatun hasanah, tetapi belum maksimal dalam
konsistensinya. Sehingga masih perlu pembenahan yang memaksimalkan
kontribusi guru Pendidikan Agama Islam sebagai pelatih dan pembimbing dalam
memperhatikan perbedaan individual siswa di lingkungan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kontribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan
pendidikan multikultural, dan sikap toleransi yang dimiliki oleh siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas XI SMAN 4 palopo, teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yaitu
mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan,
adapun pemeriksaan keabsahan data yaitu, derajat kepercayaan (crebidility),
keteralihan (transferability, kebergantungan (dependability), kepastian
(confirmability).
Berdasarkan hasil penelitian, (1) sikap toleransi siswa kelas XI sudah cukup
baik, ada beberapa sikap toleransi yang di lakukakn oleh siswa yaitu, menghargai
teman, tidak memilih- milih teman, tidak melakukan bullying. (2) Menunjukkan
bahwa kontribusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan pendidikan
multikultural terhadap toleransi siswa kelas XI SMA Negeri 4 palopo, sudah cukup
baik. Dan beberapa kontribusinya seperti, menanamkan sikap toleransi,
menanamkan sikap No rasis, dan pendidikan dan pembelajaran. (2) Adapun faktor
pendukung yang peneliti dapatkan adalah fasilitas ruang ibadah, guru dari berbagai
Agama, dan buku pendukung. Kemudian faktor penghambat yang peneliti temukan
adalah kepribadian guru, kepribadian siswa dan orang tua yang menuntut
penambahan jam pelajaran Agama.
Kata Kunci : Kontibusi Guru Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Multikultural,
Toleransi Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
200 Agama > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:16
Last Modified: 31 Oct 2023 03:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7469

Actions (login required)

View Item View Item