PENERAPAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO

ANWAR, MUH KHOIRUL (2023) PENERAPAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI MUH KHAIRUL ANWAR.pdf] Text
SKRIPSI MUH KHAIRUL ANWAR.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Khoirul Anwar, 2023. “Penerapan Nilai-nilai Moderasi Beragama
dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) Negeri Palopo” Skripsi program studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh: Dr. Mardi Takwim, M.HI dan Makmur, S.Pd.I, M.Pd.I.
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Nilai-nilai Moderasi Beragama
dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Palopo.
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penerapan nilai-nilai moderasi
beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah
Negeri Palopo, 2) teknik evaluasi guru dalam mengukur implementasi penarapan
nilai-nilai moderasi beragama di Madrasah Aliyah Negeri Palopo 3) apa saja
faktor penghambat penerapan nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi dengan pendekatan
penelitian kualitatif (qualitative research,).teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) penerapan nilai-nilai moderasi
beragama dalam pembelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri palopo
tertuang pada nilai: a) Tawassuth (jalan tengah), b) Tawazun, c) I’tidal (adil), d)
Tasamuh (toleransi), e) Musawah, f) Syura (musayawarah). 2) teknik evaluasi
guru dalam mengukur implementasi penarapan nilai-nilai moderasi beragama
yaitu: a) memberikan soal tentang pemahaman moderasi beragama b) mengamati
sikap peserta didik 3)Faktor penghambat dalam penerapan nilai-nilai moderasi
beragama dalam pembelajaran Agama Islam adalah: a) faktor lingkungan keluarga
b) lingkungan masyarakat.
Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Penerapan Nilai-nilai
Moderasi Beragama, Evaluasi nilai-nilai Moderasi Beragama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:37
Last Modified: 31 Oct 2023 06:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7480

Actions (login required)

View Item View Item