PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADASMARTPHONEUNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PITU RIASE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

SELFIANI, SELFIANI (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADASMARTPHONEUNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PITU RIASE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SELFIANI.pdf] Text
SELFIANI.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Selfiani, 2023. “Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika pada
Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa
Kelas VIII SMP Negeri 3 Pitu Riase Kabupaten Sidenreng Rappang”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing
oleh Dwi Risky Arifanti dan Megasari.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan e-modul pembelajaran
matematika pada smartphone untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis
siswa kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e�modul pembelajaran matematika pada smartphone android yang valid, praktis dan
efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and
Development (R&D), dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu
analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan),
implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Pitu Riase. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli, angket praktikalitas dan
lembar tes literasi matematis. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu
analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penilaian berdasarkan validasi materi diperoleh skor persentase
99,28% dengan kategori “sangat valid”. Hasil dari ahli media/desain diperoleh
skor persentase 83,33% dengan kategori “sangat valid”. Sedangkan hasil
praktikalitas siswa diperoleh skor 87,24% dengan kategori “sangat praktis’. Hasil
uji efektivitas berdasarkan skor n-gain diperoleh 0,50 dengan interpretasi pada
kategori “sedang”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa produk e-modul pembelajaran
matematika pada smartphone untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis
siswa telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Kata kunci: E-modul, Kodular, Kemampuan Literasi Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Nov 2023 00:17
Last Modified: 01 Nov 2023 00:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7496

Actions (login required)

View Item View Item