KONSEP PLURALISME K.H ABDURRAHMAN WAHID DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Maddini, Fahreza Aidhil (2023) KONSEP PLURALISME K.H ABDURRAHMAN WAHID DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of FAHREZA AIDHIL MADDINI.pdf] Text
FAHREZA AIDHIL MADDINI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Fahreza Aidhil Maddini, “ Konsep Pluralisme K.H Abdurrahman Wahid dalam Perspektif
Pendidikan Islam”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muhaemin dan Arifuddin.

Pendidikan merupakan agen perubahan kebudayaan (cultural broker) bagi
masyarakat. Pendidikan Islam (islamic education/tarbiyah islamiyah) pada saat ini,
mendapat sorotan tajam yang kurang menggembirakan dan dinilai menyandang
“keterbelakangan”, semuanya bermuara pada kelemahan yang dialaminya.
Kelemahan pendidikan Islam dilihat justru terjadi pada sektor utama, yaitu pada
konsep, sistem, dan kurikulumnya, diangap kurang relevan dengan kemajuan
peradaban umat manusia dewasa ini atau tidak mampu menyertakan disiplin-disiplin
ilmu lain yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Studi ini juga dimaksudkan
untuk menjawab permasalahan Bagaimana Pemikiran K.H Abdurrahman Wahid
tentang Konsep Pluralisme? Dan Bagaimana Relevansi Konsep Pendidikan
Pluralisme menuru K.H Abdurrahman Wahid terhadap Pendidikan Islam?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan yang datanya
diperoleh dari berbagai karya tulisan Abdurrahman Wahid terkait Pendidikan
Pluralisme. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filososfis dan historis.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dokumen-dokumen yang telah
ada.
Penelitian ini menunjukkan bahwa menurut Abdurrahman Wahid Pluralisme
merupakan cara untuk menerima perbedaan sebagai sunnahtullah agar saling
mengenal, menghindari perpecahan,mengembangan kerjasama dengan menanamkan
rasa saling pengertian, saling memiliki dan bersikap inklusif, tidak membatasi
pergaulan dengan siapapun, namun tetap meyakini kebenaran agama sendiri dengan
tidak mempersamakan keyakinan secara total. Dalam relevansinya dengan
pendidikan islam, pemikiran Abdurrahman Wahid tentang Pluralisme memiliki
keserasian yaitu berorientasi pada terbentuknya kepribadian serta akhlak yang luhur
dengan berdasarkan al-Qur’an dan al-Hadits, serta mengupayakan untuk
menanamkan nilai-nilai toleransi pada peserta didik sejak dini yang berkelanjutan
dengan mengembangkan rasa saling pengertian dan memiliki terhadap umat agama
lain.
Kata Kunci : Konsep Pluralisme, K.H Abdurrahman Wahid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Nov 2023 00:30
Last Modified: 01 Nov 2023 00:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/7497

Actions (login required)

View Item View Item